Kerjasama Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dengan universitas di luar negeri semakin luas. Hal ini diwujudkan dengan tidak hanya pertukaran mahasiswa, namun juga pertukaran pengajar yang dilakukan belum lama ini. Pada Kamis (27/10) lalu, Prof. Rosanda Mulic dari Split University, Kroasia, memberikan  kuliah umum kepada mahasiswa Fakultas Kesehatan (FKes) Udinus dengan tema Migration and Public Health Risk. Profesor di bidang epidemiologi ini berada di Udinus dari tanggal 23 Oktober-4 November 2016 untuk serangkaian kegiatan ilmiah seperti kuliah umum, dan kerjasama penelitian serta publikasi ilmiah.

 

Berlangsung di Aula Gedung E Udinus, kuliah umum ini diikuti 200an mahasiswa dari Program Studi Kesehatan Masyarakat dan Kesehatan Lingkungan. Pada kuliah ini mahasiswa mendapatkan paparan pengalaman keberhasilan Kroasia menekan angka penularan penyakit menular seperti typhus dan HIV/AIDS. Padahal negara tersebut banyak menerima pengungsi dari negara lain seperti Syria. “Prevalensi HIV dan AIDS dapat ditekan sangat rendah karena keberhasilan edukasi kesehatan,” demikian salah satu poin jawaban Prof. Rosanda menanggapi pertanyaan mahasiswa tentang kondisi kasus HIV/AIDS di Indonesia dibanding Kroasia.

 

Kuliah umum dengan menghadirkan pembicara asing telah menjadi agenda rutin di Fakultas Kesehatan Udinus. Dr. MG Catur Yuantari, Kaprodi S1 Kesehatan Masyarakat menyatakan, “Kami selalu memanfaatkan kerjasama Udinus dengan berbagai universitas di luar negeri dengan untuk memperkaya pemahaman dan membuka wawasan mahasiswa tentang sistem kesehatan di negara lain. Poin ini sangat penting mengingat mahasiswa nanti harus menghadapi persaingan global,” papar Yuantari, (*humas)

 

 

 

PEMBICARA ASING : Fkes Udinus memang rutin menggelar kuliah umum dengan pembicara asing , salah satunya oleh Prof. Rosanda Mulic dari Split University Kroasia ini, untuk menyiapkan mahasiswanya dalam menghadapi persaingan global. Foto : Nurjanan/FKES.