AKSI NYATA UDINUS BERANTAS NARKOBA


AKSI NYATA UDINUS BERANTAS NARKOBA

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kembali menunjukkan keseriusannya mendukung Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam memberantas narkoba. Udinus berkomitmen untuk menjalankan salah satu program BNN yakni Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Senin-Selasa (5-6/12) 2016 Biro Kerjasama bersama koordinator mata kuliah umum dan Biro Kemahasiswaan Udinus mengadakan kuliah umum pencegahan narkoba masuk ke dalam lingkungan kampus di Aula gedung E lantai 3. Kuliah umum diadakan 6 sesi dengan sekitar 300 peserta pada tiap sesi. Peserta merupakan mahasiswa yang menempuh mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila dari seluruh semester. Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Jateng Susanto menjelaskan bahwa Indonesia saat ini dalam posisi darurat narkoba. Data BNN November tahun lalu menyatakan sekurang-kurangnya 5,9 juta penduduk Indonesia dari berbagai usia mengonsumsi narkoba. “Indonesia ini negara maritim, 80% penyelundupan narkoba melalui laut, itu sebabnya BNN sangat kesulitan menekan pengiriman barang tersebut,” papar Susanto. Ia memaparkan akibat buruk penggunaan narkoba kepada peserta kuliah umum seperti yang selama ini sudah menjadi program rutin BNN dalam P4GN.

 

Bersamaan dengan itu, BNN juga melakukan sidak pengambilan 100 sampel urin mahasiswa dan karyawan Udinus. Muhammad Ilham Muharrom mahasiswa rekam medis  Udinus mengaku merasa senang dengan kedatangan tim BNN ke Udinus untuk melakukan tes urin secara mendadak tersebut. “Dengan sidak BNN semacam ini saya jadi merasa aman, nggak akan ada yang berani macem-macem pake narkoba di kampus,” tutur Ilham.

 

Sudah sejak awal 2015 lalu Udinus dinobatkan menjadi kampus bebas narkoba oleh BNN. Pendaftaran mahasiswa baru Udinus saat ini juga harus melampirkan tes bebas narkoba dari pihak yang berwenang.  “Karena kita sudah berkomitmen dengan BNN, kita laksanakan tahapannya, salah satunya adalah sosialisasi pencegahan penggunaan narkoba di kampus dan sidak tes urin ini,” jelas Usman Sudibyo SSi.,M.KOM Kepala Biro Kerjasama Udinus. (*humas)


Gallery Karir Kerjasama Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publikasi Dinustek Kulino CFLT ILCS Buku Tamu

UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Kampus I : Jalan Imam Bonjol 207 || (+6224) 3517261
Kampus II : Jalan Nakula I 5-11 || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Kontak Kami

Hubungi Kami

Ganti ke versi mobile

UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)
Tips dan trik seputar komputerTips menjaga kesehatan