KONTRIBUSI UDINUS DALAM INDONESIA GO ONLINE


KONTRIBUSI UDINUS DALAM INDONESIA GO ONLINE

Sebagai kampus berbasis Teknologi Informasi, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mendukung  program kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Saat ini Kemenkominfo sedang menggalakan Indonesia Go Online, yakni suatu gerakan memberikan sejuta domain gratis untuk sekolah, komunitas dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

 

Salah satu bentuk perwujudan dukungan kampus Udinus terhadap program satu juta domain milik  Kemenkominfo adalah menyiapkan tenaga pengajar e-commerce yang kompeten untuk mahasiswanya.  Rabu (7/12) Kemenkominfo bersama Udinus menyelenggarakan Training Of Trainer pengelolaan website program satu juta nama domain Indonesia. Pelatihan yang dilakukan di Hotel Dafam tersebut diikuti oleh sekitar 50 dosen pengampu matakuliah kewirausahan dan mahasiswa Udinus yang konsen di bidang kewirausahaan. “Diharapkan mahasiswa bisa menyebarluaskan teknologi daring pada UMKM yang belum menggunakannya dalam proses pemasaran,” ujar Dr Kusni Ingsih MM Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus.

 

Peserta TOT dilatih mendaftarkan usulan nama domain usahanya melalui satukata.id oleh tim CBN. Kominfo bekerjasama dengan sekitar 16 hosting dalam mewujudkan Indonesia Go Online ini. Pemerintah akan memberikan subsidi penuh ditahun pertama penggunaan website dengan domain ID yang didaftarkan di Satu Juta Domain yang ditunjuk oleh Kemenkominfo. “Pelatihan ini membantu sekali untuk membuat website mandiri bagi pelaku bisnis start up seperti saya,” tutur Asqarya Qaulan Adida salah satu anggota Hipmi PT Udinus yang mengikuti TOT tersebut.

 

Rencananya tim pengampu mata kuliah kewirausahaan yakni Dasar Entrepreneur, Start Up Bussines dan Entrepreneur Advanced akan mewajibkan mahasiswanya menggandeng UMKM menggunakan teknologi daring dalam pemasaran produknya. “Kemungkinan ditahun depan kita bisa mulai menerapkan rencana tersebut. Akan kami sesuaikan terlebih dahulu dengan kegiatan perkuliahan yang sedang berlangsung,” jelas Dr. Nila Tristiarini SE, Msi, dosen sekaligus praktisi kewirausahaan Udinus, yang menjadi salah narasumber di acara ini. (*humas)

 

 

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-2)