MAHASISWA UDINUS KEMBANGKAN ES KRIM JAMU


MAHASISWA UDINUS KEMBANGKAN ES KRIM JAMU

Konsumsi makanan dan minuman di negara kita memang mengalami banyak perubahan. Dari mulai banyaknya varian hingga inovasi-inovasi baru yang muncul untuk semakin memanjakan para penggemar kuliner. Tidak sedikit inovasi baru muncul karena kejenuhan dengan varian makanan yang itu-itu saja. Seperti yang dilakukan oleh Tri Noviani, mahasiswi semester 5 profram studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus).

 

Es Krim Jamu “Berkah” yang dia produksi ini karena ingin mengawinkan jenis makanan yang disukai, sekaligus jenis minuman yang sudah mulai tidak diminati anak muda jaman sekarang. “Es krim merupakan makanan yang digandrungi kawula muda, dan termasuk makanan kekinian yang banyak dicari apalagi di kota Semarang yang panas ini. Sedangkan jamu adalah minuman tradisional yang mulai ditinggalkan oleh kalangan muda. Untuk itu kami menjadikan es krim jamu ini sebagai alternatif pilihan makanan untuk anak muda dan semua kalangan,” papar Novi, begitu biasa dia disapa.

 

Varian dari es krim jamu ini ada 3 macam, yaitu Beras Kencur, Kunir Asem, dan Jahe. Dikemas dalam cone di setiap pembelian , Novi juga menawarkan varian toping yang dapat dipilih , diantaranya beragam roti, mesis, kismis, hingga crunchball. “Pembuatannya pun cukup simple, hanya butuh resep es krim dan bubuk jamu yang dicampur menjadi satu. Hanya saja kadar pecampuran ada resep tersendiri agar rasa jamunya tetap lebih menonjol,” tambahnya.

 

Novia dan ke-4 temannya menjual es krim jamu ini untuk mengikuti lomba Creanova 2016, yang rutin diselenggarakan oleh Enterpreneurship Center Udinus setiap tahunnya. Di ajang ini, Novi dan teman2nya menyabet juara 2 untuk kategori Enterpreneur Lanjut, dan mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar 500 ribu. (*humas)

 

 

ES KRIM JAMU : Novi (kanan) melayani pembeli es krim jamu miliknya yang dijajakan saat lomba Creanova 2016 pada Rabu – Kamis (28-29/12). Foto : Nining Sekar. 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-2)