LOMBA GAMELAN CURI PERHATIAN PENGUNJUNG DINUSFEST 2017


LOMBA GAMELAN CURI PERHATIAN PENGUNJUNG DINUSFEST 2017

Di dalam pagelaran Dinusfest 2017 sejak Selasa (24/01) sampai Kamis (26/01) nanti, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menggelar lomba gamelan untuk pelajar SMA, SMK dan MA.

 “Kita bermaksud mengajak generasi muda untuk turut nguri-nguri budaya jawa yang kian tersisih,” ujar Dekan Fakultas Teknik DR. Eng Yuliman Purwanto M. Eng dalam sambutannya membuka lomba gamelan. Sebanyak 60 siswa turut memeriahkan cabang lomba gamelan Jawa di panggung utama Dinusfest.

Masing-masing sekolah memiliki durasi tampil maksimal 20 menit dan membawakan lagu Gugur Gunung. Panitia menghadirkan 3 juri untuk melakukan penilaian, yakni Ki Warsino dari Dinas Pariwisata Kota Semarang, Ki Srihadi dari Udinus dan Ki Mulyono dari Udinus. “Aspek penilaiannya berdasarkan leres (benar), rempet (tepat) dan teknik pembawaan masing-masing peserta,” jelas ketua panitia lomba Gamelan Qodri Andrian Sunarto. Kekompakan, analisa musik dan penjiwaan merupakan poin utama dalam kriteria penilaian lomba Gamelan.

 Dinusfest 2017 mengangkat tema “Together We Can Achieve The Extraordinary” yang dimeriahkan oleh 19 lomba untuk pelajar dan 9 lomba untuk mahasiswa Udinus. Sebanyak 2599 peserta dari 131 sekolah dan 19 kabupaten kota turut serta dalam ajang  tahunan ini. “Tahun 2015 lalu namanya Fasilkom Week, kemudian kita perluas jangkauannya menjadi Dinusfest sehingga lomba dan acara yang ada juga beragam,” tutur Dr St. Dwiarso Utomo SE,M.Kom,Akt,CA. Terdapat lomba olahraga, ketrampilan, akademik, seminar, expo dan pameran.

Sebelum lomba gamelan dimulai, panitia mendapatkan tamu kehormatan yang berasal dari California Amerika, Suni Petersen PhD, yang merupakan salah satu Profesor dari Alliant International University. Suni berkesempatan belajar menabuh gamelan bersama karyawan Udinus sebelum lomba dimulai. Selain itu, Fakultas Teknik juga memiliki lomba tari tradisional tingkat pelajar dengan total peserta 85 dan lomba membuat desain batik yang meraup peserta 235 orang. (*humas)

 

MENABUH GAMELAN : Suni Petersen, professor dari AIU California Amerika belajar menabuh gamelan didampingi para karyawan Udinus sebelum dimulainya lomba Gamelan dimulai pada gelaran Dinusfest 2017 hari ini (24/1). Foto : Meyta Adelianah.

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)