WOKSHOP PLC MITSUBISHI DI FAKULTAS TEKNIK UDINUS


WOKSHOP PLC MITSUBISHI DI FAKULTAS TEKNIK UDINUS

 

Senin (07/02) 2017 Fakultas Teknik Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) bekerja sama dengan PT. Millenium Energy  menggelar “Mitsubishi Factory Automation Training and Workshop” yang didukung oleh PT. Setsuyo Astec, salah satu perusahaan dari Mitsubishi.

 

Training dan Workshop yang dilakukan di gedung B lantai 4 tersebut merupakan uji coba peminatan mahasiswa terhadap program pelatihan Programmable Logic Controller (PLC).  Kegiatan ini adalah sebuah rangkaian elektronik yang dapat mengerjakan berbagai fungsi-fungsi kontrol pada level-level yang kompleks. PLC dapat diprogram, dikontrol, dan dioperasikan oleh operator yang tidak berpengalaman dalam mengoperasikan komputer. Saat ini hampir semua otomasi pabrik menggunakan PLC. “Pemateri dan akomodasi menjadi tanggungjawab PT. Millenium, Udinus yang memfasilitasi tempat atau laboratoriumnya,” jelas Helmy Rahadian S.Si., M.Eng Ketua panitia Workshop PLC.

 

Workshop ini terdiri dari 2 program, yakni program reguler atau industri yang bisa diikuti oleh karyawan atau umum dan program edukasi yang dikhususkan untuk mahasiswa. Trainer didatangkan langsung dari PT. Millenium dan Mitsubishi Setsuyo yakni Ady Prastia, Dano Hari Prawoto, ST, Aris Munandar, ST ketiganya dari PT. Millenium Energy, sedangkan Fredericus Bawa Wicaksana dan Cahyo Nugroho dari Mitsubishi Setsuyo.

 

Terdapat 8 materi dalam program reguler/industri yakni : Modul Basic Dasar-dasar PLC, Human Machine Interface (HMI), Logic Circuit & Control Pronciple, Bahasa Pengkodean & Pemrograman PLC, Sensor Industri dan Pengukuran dengan PLC, Sistem Penggerak (Motor /Servo) dengan PLC dan Komunikasi padal PLC. Sedangkan di dalam program edukasi materinya meliputi Modul Basic Dasar-dasar PLC, Paket Advanced yang berisi HMI, Logic Circuit & Control Principle, Bahasa pengkodean & Program PLC dan Paket Expert yang terdiri dari Sistem penggerak (motor / servo) dengan PLC dan Komunikasi pada PLC. Pelatihan diselesaikan dengan durasi 1 sampai 4 hari. Sedangkan untuk uji coba yang dilakukan kemarin dilakukan sehari sejak pukul 09.00 s.d. 16.00.

 

 “Workshop PLC yang terselenggara hari ini merupakan wujud kerjasama yang telah diresmikan bulan Desember tahun lalu,” jelas Helmy. Fasilitas yang diberikan adalah trainer kompeten di bidang PLC dari Mitsubishi, tes & sertifikasi Mitsubishi yang tercatat di database PT. Millenium Energy, modul training, demo kit dan kelas representatif, hingga gratis konsultasi trainer selama 3 bulan. “Selanjutnya, kami menyelenggarakan workshop untuk mahasiswa dan umum. Informasi lebih lanjut dapat datang langsung le Gedung B Lt. 3 Fakultas Teknik Udinus,” pungkas Helmy. (*humas)

 

 

PELATIHAN : Pemateri sedang memberikan pelatihan pada mahasiswa Fakultas Teknik yang mengikuti “Mitsubishi Factory Automation Training and Workshop” pada Senin (6/2) di Gedung B lantai 3 Udinus. Foto : Meyta Adelianah.  


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book

Dian Nuswantoro University

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


DIAN NUSWANTORO UNIVERSITY SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)