MAHASISWA UDINUS ANTUSIAS DENGAN LOMBA CREANOVATION ENTERPRENEUR


MAHASISWA UDINUS ANTUSIAS DENGAN LOMBA CREANOVATION ENTERPRENEUR

Hari ini (17/5) Enterpreneur Center Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kembali menggelar kegiatan tahunan untuk mahasiswa yang dijajal terjun dibidang kewirausahaan. Di tahun 2017 ini, gelaran ini diberi tajuk “Lomba Creanovative Enterpreneur” yang diadakan di pelataran parker gedung D kampus Udinus.

Lomba secara simbolis Wakil Rektor II bidang SDM dan Keuangan Dr. St. Dwiarso Utomo, SE, M.Kom, Akt. CA dengan ditandai pelepasan balon. Dalam sambutannya, Dwiarso menyampaikan bahwa kewirausahaan di Udinus merupakan salah satu mata kuliah wajib untuk semua mahasiswa. Dimana Enterpreneur Dasar adalah mata kuliah wajib, sedangkan Start-Up Business dan Enterpreneur Lanjut merupakan mata kuliah pilihan. “Kewirausahaan tidak hanya cara untuk mendapatkan pekerjaan, namun juga untuk menciptakan pekerjaan,” papar Dwiarso.

 

Dalam lomba Creanovation Enterpreneur ini, 53 peserta lomba berasal dari setiap kelas yang mengikuti mata kuliah Enterpreneur Dasar, Lanjut maupun Start-Up Business tersebut. Mereka mendirikan stan produk-produk kreatif yang dipasarkan selama 2 hari, yakni 17-18 Mei. Setiap harinya, hasil penjualan yang berupa nota harus dikumpulkan ke Enterpreneur Center. Untuk kemudian dicari stan dengan hasil penjualan tertinggi serta kreatifitas yang unik, agar dapat ditentukan sebagai pemenang dalam lomba tahun 2017 ini. “Pemenang dari lomba ini akan mendapatkan uang pembinaan dari Enterpreneur Center. Diharapkan dari uang pembinaan tersebut, usaha kreatif yang dibangun saat lomba dapat dikembangkan. Sehingga mahasiswa dapat menjalani wirausaha sekaligus mempraktekkan ilmu yang didapat,” tambah Dwiarso.

 

Salah satu stan kreatif yang digelar oleh anak-anak Ilmu Komunikasi Udinus adalah photowood homemade. Dimana mereka menggunakan bahan organik berupa kayu palet, kain-kain perca, dan sisa-sisa kayu olahan. Barang-barang tersebut dibuat menjadi photowood, kotak tisu, dan talenan custom. “Kami menggunakan barang-barang sisa karena selain memanfaatkan limbah yang ada, kami juga tidak membutuhkan modal besar. Hanya menambahkan sentuhan artistik dan kreatifitas, dapat dihasilkan barang yang bernilai jual,” jelas Monica Marthanti, salah satu anggota kelompok Enterpreneur Dasar dari kelas Ilkom.

Dalam lomba ini memang dikedepankan kreatifitas dalam memproduksi produk yang akan dipasarkan, serta cara pemasarannya itu sendiri. Selain produk kreatif, para peserta juga membuat produk makanan, hingga menawarkan jasa kreatif. (*humas)

 

 

 

CREANOVATIVE : Salah satu stan photowood homemade sedang menjelaskan produknya pada pengunjung Lomba Creanovative Enterpreneur di pelataran parkir gedung D Udinus, yang digelar sejak hari ini hingga esok (17-18/5). Foto : Nining Sekar. 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)