KISAH SUKSES ALUMNI : PONCO SUHIRNO!!!

Kesaksianku dalam Cerita Pendek

Ketika saya kecil, saya adalah seorang gembala sapi di suatu desa bernama Kagungan Ratu (saya suka nama desa ini). Sebuah desa yang ada di daerah Tulang bawang, Lampung. Daerah transmigrasi. Dari kecil sebelum sekolah sampai SMA saya menggembalakan sapi.
Disaat saya berada dipadang rumput bersama 11 sapi saya, saya sering berfikir kalo besar nanti aku jadi apa ya? Masak selamanya aku jadi gembala sapi? Angan2 saya sering berubah-ubah, kadang saya berfikir pingin jadi Dokter, kadang berfikir pingin jadi Musisi, kadang saya berfikir jadi seorang pengusaha. Dan lagi-lagi itu hanya keinginan. Tapi keinginan itu terus ada sampai SMA. Dan cita2 itu terus tidak menentu, tapi kali ini keinginan untuk menjadi musisi sudah hilang, karena skill musik saya gak bertambah-tambah maklum hidup di desa.

Setelah Mendekati kelulusan SMA saya semalin bingung menentukan keputusan kemana aku harus kuliah. Saya ingin mendaftar di akademi perawat, lho ternyata kebanyakan cewek disana (masalahnya kalo mau masuk fakultas kedokteran IQku gak nyampek) akhirnya udah mulai ter seleksi keinginan saya. Keinginan jadi dokter (para medis) hilang. Tapi ada lagi satu keinginan aku pingin menjadi Tour guide (soalnya semasa saya di SMA saya ikut kursus bahasa inggris jadi dikit2 saya bisa ngomong bahasa inggris). Dan keinginan keputusan dari keinginan saya sudah mulai mengerucut hingga saya memutuskan untuk Kuliah di Akademi Pariwisata. Rencana di bandung, tetapi di tengah2 cerita ada seorang cewek yang aku sukai (tapi dia gak tau kalo aku suka ama dia) mengajak aku kuliah di semarang, wah kebetulan nih. Saya tanya ama dia “apa ada akademi pariwisata disana?” Dia bilang ada namanya AKPARI singkat cerita saya setuju. Berangkatlah kesemarang. Aku daftar di AKPARI, si dia daftar di STMIK Dian Nuswantoro (now Universitas Dian Nuswantoro). Ada cerita menarik disini. Ketika itu saya mengantar dia untuk daftar di STMIK Dian Nuswantoro, saya secara tiba2 tertarik untuk mendaftar di kampus tersebut juga, kenapa? Saya tertarik dengan melihat banyaknya komputer di ruangan kelas, wah sepertinya kok modern (dasar wong ndeso) Akhirnya aku daftar di kampus itu juga. Ketika di umumkan lulus keduanya, saya memutuskan kuliah di STMIK Dian Nuswantoro.(Kejadian ada di sekitar bulan april 1994) Ada hal yang menarik kalo disimak dari cerita ini, disini terlihat begitu plin-plannya saya dan bimbangnya saya yg menjurus kebingungan ketika saya menentukan arah hahahaha.

Akhirnya saya Kuliah di sana. Banyak cerita menarik ketika saya kuliah disana, tentunya cerita suka dan duka. Tapi ada cerita yang lucu salah satunya ini, (sudah saya muat sebelumnya) :

Ini ceritanya :
Saya baru pertama kali melihat dan memegang komputer pada saat itu. Dan saya berfikir bahwa komputer adalah Benda yang sangat pandai. Dengan memakan waktu lama untuk memilih huruf satu per satu pada tut keyboard karen baru pertama kali pegang kibot, saya bertanya pada komputer (si benda yang saya anggap pandai) melalui syntax text di A promt

begini tepatnya :

A:\\>Siapa nama president Indonesia?
lalu di jawab oleh komputer di layar monitor

A:\\>bad command

lalu saya ulang lagi pakai bahasa inggris, saya berfikir mungkin karena computer diciptakan orang Amerika, jadi saya coba in English

A:\\\\\\\\>who is president of Indonesia
jawabannya masih sama

A:\\>bad command

Untungnya saat itu gak ada orang dibelakang saya.
Cerita ini memperlihatkan begitu polosnya saya dan terbelakangnya pikiran saya pada saat itu. (cerita ini tidak mengada2 bener2 saya lakukan)

Selama kuliah di saya sudah tidak berfikir lagi mau jadi apa, yg ada di benak pikiran saya adalah bagaimana saya bisa menyelesaikan kuliah. Jujur saya berjuang keras untuk bisa lulus karena ternyata kuliah disini tidak sesimpel dari yang apa saya bayangkan sebelumnya, disini saya ketemu matematika lagi, kalkulus, fisika, algoritma, logika dll, tapi saya suka pelajaran pemrograman komputer, seperti basica, pascal, DBase walaupun saya susah mengikuti dan nilai juga gak bagus2 amatn bahkan ada beberapa yg harus mengulang. Tapi saya suka.

Pikiran saya mulai terbuka pada akhir tahun 1997 dimana disitu saya mengenal namanya Internet. Wih saya bener2 suka internet. Karena kita dg mudah bisa terhubung kemana saja lintas negara. Untuk meresponi kesukaan saya tadi saya mulai keperpustakaan dan belajar apa yang namanya HTML (Hypertext Markup Language) bahasa pemrograman untuk membuat website. Dalam waktu singkat saya punya website.

Waktu itu ada program untuk chating terkenal sekali namanya mIRC kita bisa chat disitu, kebetulan saya chat sama salah satu teman saya di Amrika (kenalnya cuma dari chating). Saya ketik gini.
Saya > HI friend I just build a website, I just want to know if you could see my website.

Dia> sure, give me the address please?

Waktu itu alamatnya ini
http://udinus.ac.id/UKM-PMK.html (kalo gak salah)
Saya minta admin kamus untuk menaruh webku ke server kampus.

Lalu link saya kasih kedia.
Dia klick kan pasti. Trus dia bilang

Dia> I can see it, it’s beautiful
Saya> really you could saw it? Please let me know what you saw
( Sorry kalo tulisannya salah) tapi gambarannya seperti itu.

Lalu dia mebacakan yg dia lihat untuk meyakinkan saya bahwa di bener2 melihat web saya.

Pada saat itu saya senang sekali. Ini embrio dari kesuksesan saya. Dari sini saya berfikir bahwa saya bisa jadi pengusaha Export. Karena website, dan saya terus belajar photoshop, akhirnya ketemu dreamweaver dll. Setelah lulus kuliah saya sempat kerja di perpustakaan kampus, nah disitu saya banyak belajar tentang web design. Hingga suatu saat saya mendapat tawaran kerja di Jepara. Di sebuah perusahaan export di kota itu. Wah hati saya melonjak kegirangan. Karena cita2 menjadi seorang Pengusaha (export) semakin dekat.

Sambil bekerja sebagai seorang administrasi dan merangkap keuangan, saya juga membuatkan website buat perusahaan saya (saya gratisi). Dan saya juga membuat website saya pribadi yg berisi gambar2 Mebel (kejadian di tahun 2000 bulan Mei)

Dalam waktu seminggu website saya online kan, saya mendapat contact dari italia. Wah… Saya sembunyi2 dg orang perusahaan menjemput calon buyer tadi bersama teman saya yg satu ide di perusahaan. Hehehe gak deal ternyata.
Tapi saya sudah senang pernah mendatangkan orang eropa melalui web saya.

Selain saya jadi karyawan dan punya web sendiri saya juga menerima jasa pembuatan website. Dan saya terlena dg pekerjaan itu dan fokus saya untuk memasarkan barang di website saya sendiri terbengkalai dan selama 5 tahun saya tidak lagi mendatangkan calon pembeli dari website saya, karena saya tidak concern mungkin ya. Hingga awal pada tahun 2005 saya dan teman2 di PHK dari kerjaan.

Titik Balik
Pada pertengahan 2004 saya bertanya dengan Pendeta Saya Namanya Bpk. Oscar Pakpahan. Saya panggil Beliau Bang. “Bang, saya pingin keluar nih dari kerjaan gimana menurut Abang”
Pada saat itu dia menjawab ” Tunggu dulu, kata Andre wongso orang kalau mau naik kwadran itu ada momentnya, kamu merasa momentnya tepat gak ?”.
Saya mikir oh sepertinya blom momentnya.

Cerita mundur sebentar, Pada pertengahan 2004 saya bertemu dg orang yg luar biasa namanya Mas Heris Nugroho (Murid saya les piano) dia melihat kemampuan saya, dan dia mengajak saya untuk membuat perusahaan dan sebagai saya marketingnya dia partner kerja saya sampai sekarang. Tanpa basa-basi saya mau dan membuat website http://www.presidentfurniture.com

Pada akhir 2004 boss saya sudah mengatakan kalo PHK ada awal di thn 2005

Nah ini moment tho? Orang diPHK mau gimana lagi, temen2 kerja pada susah dan mengeluh tetapi saya senang, karena saya dapat moment. Dengan keyakinan karena momentnya yg tepat tadi, saya habis-habisan kerja untuk mencari pembeli melalui website saya. Berbekal uang pesangon PHK, siang malam saya ke warnet dan sebagian uang saya pakai untuk membayar membership salah satu web trade directory besar pada saat itu. Uang PHK saya habiskan.

Berhasil sukses, dalam waktu singkat saya mendapat banyak client dan PresidentFurniture.com tambah hari tambah maju sampai sekarang.

Tanpa sadar President Furniture sudah besar dan mari kita hitung apa dampaknya. Kami punya sekitar 30 pengrajin furniture, setiap pengrajin memperkerjakan 25-50 karyawan dan blom tenaga kerja kami di kantor dan di pabrik, kalo di hitung2 kita sudah memberi makan ribuan orang dan menciptakan lapangan kerja.

Ayo teman2 jadilah pengusaha, Go Online dan ciptakan lapangan kerja, jual kemampuanmu, ciptakan sesuatu dan jual dg online ciptakan pekerjaan pada orang sekelilingmu, jadilah berkat bagi bangsamu. Kalian adalah teruna2 penerus bangsa. Jadilah pahlawan penerus kemerdekaan. Bangsa ini besar kaya raya banyak peluang di bangsa ini dan bukalah pikiranmu.

Mudah2an cerita ini bisa menginspirasi saudara sekalian para pembaca.

Oh ya, Udinus terutama fakultas komputernya, menurut saya sangat luar biasa, saya bisa sampai seperti ini berkat udinus. saya bener2 mendapatkan ilmu yang sangat komplit disini, karena saya ambil management informatika, saya dibekali dg ilmu komputer pemrograman dll dan ilmu management dan akutansi (saya bisa memimpin perusahaan dengan mudah karena dibekali pelajaran di udinus). Ada hal yang lumayan mengagetkan saya.... teman2 saya terutama anak2 PMK dulu semua menjadi orang yang cukup mapan semua, tidak ada yang nganggur kalaupun dia tidak jadi karyawan mereka memiliki usaha yang mapan. udinus recommended lah pokoknya.

By Ponco Suhirno

PENERIMAAN MAHASISWA BARU
Indonesian Language and Culture Service
KARYA
EVENTS
AWARDS
PEMENANG MUHIBAH SENI DIRJEN DIKTI 2010
MEDIA TELEVISI
Ijin Penyiaran : 234/KEP/M.KOMINFO/8/2008
LAYANAN ORANG TUA/WALI
INFORMASI LOKAL
Laporgub Jateng
AGENDA

VIDEO UDINUS
1 |  2 |  3 |  4 |  5 |  6 |  7 |  8 
PROFIL

Kisah Sukses Jualan Hijab Via Online

Tsummadana Wulan

Hijab saat sudah menjadi salah satu trend mode di tanah air sehingga wanita tidak bosan mengenakan hijab yang itu-itu saja. Melihat peluang tersebut, Tsummadana Wulan (22) merintis karir dengan mendesain hijab dan menjualnya via online. Bahkan saat ini produknya sudah dipakai puluhan artis tan

........selanjutnya

BERIKALAH APA YANG KITA MILIKI

Alan Nuari WS

Berawal dari tempat yang terhormat dan begitu mulia yaitu Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi S1 Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Kami seluruh mahasiswa akuntansi S1 khususnya saya Alan Nuari WS,dengan NIM B12.2008.01247 banyak sekali mendapatkan ilmu dan berbagai pengalaman belajar selama di

........selanjutnya

Mengabdi Sebagai Penyuluh KB Kabupaten Demak

Richi Eka Yanti

Menjadi alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Udinus merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Materi yang saya dapat di perkuliahan sangat membantu sekali dalam pekerjaan saya yang sekarang ini sebagai penyuluh Keluarga Berencana (KB). Kebetulan waktu penerimaan penyuluh KB baru hanya saya yang d

........selanjutnya

Tetaplah SEMANGAT dalam kuliah

Muhammad Irham Jamal

Kuliah di Prodi S1 KesMas Peminatan K3LI F.Kes Udinus sangatlah menjadikan tantangan tersendiri bagi saya untuk mengaplikasikannya, terutama saat dapat kesempatan untuk Magang di Perusahaan yang Bonafide. Ilmu yang kita peroleh sewaktu kuliah aplikasikanlah saat sedang magang dan belajarl

........selanjutnya

Karakter dan softskills adalah nilai yang sangat dibutuhkan untuk berkarya di kehidupan nyata

Bernadus Andre

Seseorang yang selama 8 semester menekuni ilmu sastra inggris namun saat ini berprofesi di bidang perbankan sebagai staf pada direktorat Trade Finance Operation di salah satu bank dengan reputasi regional ASEAN, dialah Bernardus Andre Hernawan.

 

Sosoknya yang sederh

........selanjutnya

Menjadi Bagian dari 167 Top World Universities Ranking

Anisa Larasati

Saya alumni Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Dian Nuswantoro.  Saat ini saya mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi di Faculty of Languages and Linguistics University of Malaya, Malaysia. University of Malaya (UM) adalah universitas terbaik di Malaysia yang masuk da

........selanjutnya

Tuna Netra, Sarjana Sastra FBS Udinus ber- IPK 3.46

Suryandaru

Suryandaru namanya,  salah seorang mahasiswa tunanetra yang kuliah di Udinus melalui program kerja sama antara Udinus dan DPD PERTUNI Jawa Tengah. PERTUNI merupakan singkatan dari Persatuan Tunanetra Indonesia dan merupakan organisasi kemasyarakatan tunanetra yang indepen

........selanjutnya

Kuasai Dunia Dengan Bahasa

Hery Pamungkas

Bisa tampil di Televisi barangkali menjadi impian bagi semua orang, demikian juga jalan hidup yang akhirnya mengarahkan sosok muda kelahiran Pati 12 Januari 1982 ini untuk berkecimpung di bidang penyiaran atau broadcasting yaitu menjadi Reporter, Presenter maupun Produser di salah satu TV Loka

........selanjutnya

Sukses Bukan Sebuah Titik

Nur Endhar Gustiarko

Alhamdulillah, Rabu 5 Oktober 2011 dalam Upacara Wisuda Ke-XLII, Saya resmi menjadi alumni Universitas Dian Nuswantoro Semarang ( UDINUS ). Sungguh perasaan senang bercampur haru mengingat pada hari itu Saya dikukuhkan menjadi seorang Sarjana, namun tentunya banyak kenangan dan pencapaian bers

........selanjutnya

Penulis Buku Komputer Security di Indonesia & di Malaysia

Fauzi Adi Rafrastara

Fauzi Adi Rafrastara. Lahir di Semarang, 30 April 1988. Menyelesaikan pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Rembang. Pada tahun 2005, melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi dengan mengambil S1 di Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Jurusan Teknik Informatika. Pada tahun 2009, berkese

........selanjutnya

Jangan takut untuk belajar dan tetap semangat dalam memperbaiki diri

Andik Setyono

Andik Setyono, lahir pada tanggal 12 Pebruari 1980, merupakan alumni Universitas Dian Nuswantoro Semarang (UDINUS) pada tahun 2003 dan 2005 untuk gelar Sarjana dan Master dalam bidang teknologi informasi secara berurutan. Dia bekerja sebagai dosen di Fakultas Ilmu Komputer UDINUS, dimana saat

........selanjutnya

Di Madrasah Qudsyiah Kudus, Aku Mengawali Belajar IT

Fahri Firdausillah

Saat ini saya sedang melanjutkan studi S2 di Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM) fakultas Information and Communication Technology (ICT), sebelumnya saya pernah menjadi programmer, database adaministrator, dan juga webmaster di Universitas Dian Nuswantoro. Kalau anda mengira dulu saya s

........selanjutnya

Berlarilah jika tidak ingin tertinggal

Nisa`ul Hafidhoh

Beruntung sekali dapat menjadi bagian dari program kerjasama UDINUS dan ITB ini. Teringat pertama kali saat dosen UDINUS menitipkan saya kepada dosen di ITB, ada seorang dosen di ITB yang berpesan “Berlarilah jika tidak ingin tertinggal”. Benar yang saya rasakan malam-malam penuh &ldq

........selanjutnya

Producer program TV "TOLONG"

Apriyanto Nurdhani Putra Pamungkas Sari

Saya mengucapkan terima kasih atas diberinya kesempatan untuk membuat testimoni tentang profil saya ini. Saya dapat bekerja di Dreamlight Word Media ini adalah berkat dari Tuhan dan bimbingan dari bapak / ibu dosen di udinus sehingga saya bisa bekerja dengan baik dan semakin meningkat. Karena dal

........selanjutnya

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

Dumununging Ingsun Angrakso Nagoro Nuswantoro (DIAN NUSWANTORO)