Desain Komunikasi Visual


KETUA PROGRAM STUDI

Ir. SITI HADIATI NUGRAINI, M.Kom, Ph.D.

0686.11.1997.139

KATA SAMBUTAN

Selamat Datang di Website Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro. Program Studi DKV mendapatkan ijin penyelenggaraan program studi dari DIKTI melalui surat keputusan Nomor 4067/D/T/2006 tanggal 6 November 2006.

Desain Komunikasi Visual Udinus telah berkembang sejak tahun 2007 sampai sekarang dengan perkembangan yang semakin baik dari tahun ke tahun, dan pada tahun 2015 mendapatkan nilai akreditasi A dari BAN-PT dengan surat keputusan Nomor 1151/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015 tanggal 14 November 2015.

Program Studi Desain Komunikasi Visual Udinus menawarkan empat jalur peminatan bagi mahasiswa yaitu Desain Grafis, Advertising, Multimedia dan Game, serta Animasi. Program studi ini menyediakan lingkungan yang mendukung mahasiswa untuk dapat memperluas dan mengeksplorasi ide kreatif serta gagasan baru di bidang desain komunikasi visual.

Kami menyadari dan memastikan bahwa lulusan kami berada di garis depan sehingga kami mempertimbangkan keselarasan penggunaan teknologi baru bersama dengan desain tradisional, memahami perubahan hubungan antara praktisi kreatif dan masyarakat, dan menyeimbangkan pemikiran kritis dan strategis dengan membuat inovasi baru di bidang desain komunikasi visual bagi mahasiswa.

Program Studi Desain Komunikasi Visual Udinus memiliki jaringan praktisi dan alumni sukses yang telah bekerja di berbagai bidang antara lain studio / biro desain, production house, multimedia, dan sebagai professional seperti Creative Designer, Art Director, Web Designer, Fotografer, Ilustrator, serta Animator.

 

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

 

Ketua Program Studi

Desain Komunikasi Visual Udinus

 

 

Ir. S. Hadiati Nugraini, M.Kom, Ph.D.

INFO DAN PENGUMUMAN

Info Akademik
Pengumuman Program Studi
Kalender Akademik

VISI

Menjadi Program Studi Pilihan Utama Dalam Bidang Desain Komunikasi Visual Dan Teknologi Multimedia Di Indonesia, Yang Unggul Dan Berjiwa Entrepreneurship Pada Tahun 2016.

MISI

Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berbasis seni dan teknologi informasi untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu mengembangkan serta mengamalkan ilmunya secara profesional.

Menjaga keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis dengan kebutuhan pembangunan industri kreatif di Indonesia dengan menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri, sehingga lulusan yang dihasilkan berjiwa entrepreneurship dan mampu berkompetisi secara global.

Menyelenggarakan dan memasyarakatkan hasil-hasil penelitian di bidang desain komunikasi visual dan teknologi multimedia melalui publikasi ilmiah, pameran, dan pengabdian kepada masyarakat.


AKREDITASI

Desain Animasi
Branding
Desain Aplikasi
Desain Marketing
Fotografi
Tipografi
Nirmana

Media Massa
Software House
Advertising
Percetakan dan Penerbitan
Enterpreneur
Industri Multimedia
Technopreneur

Desainer
Fotografer
Art Director
Ilustrator
Ahli Animasi

AKTIVITAS

Pameran Tugas Akhir

Creative Camp

PICKNICK Art and Design

Gathering with Kreavi

Playing Board Game "Penjelajah Semarang"

DOSEN

No Nama NIDN Pendidikan Terakhir Jabatan
1 ALI MUQODDAS, S.Sn, M.Kom0609118901Universitas Dian NuswantoroAsisten Ahli
2 HENRY BASTIAN, M.Kom0606037601Universitas Dian NuswantoroAsisten Ahli
3 UMI ROSYIDAH, S.Kom, M.T0621058402Institut Teknologi Sepuluh November Asisten Ahli
4 DANIAR WIKAN SETYANTO, M.Sn0609128201Institut Seni IndonesiaAsisten Ahli
5 DZUHA HENING YANUARSARI, M.Ds0606018901Universitas Dian Nuswantoro SemarangAsisten Ahli
6 ABI SENOPRABOWO, M.Ds0609118801Institut Teknologi BandungAsisten Ahli
7 BERNARDUS ANDANG PRASETYA ADIWIBAWA, ST, M.Si0608037202Universitas IndonesiaAsisten Ahli
8 AURIA F. YOGANANTI, S.Sn,MTDdesign0624098201EWHA WOMANS UNIVERSITYAsisten Ahli
9 NOOR HASYIM, M.Ds.0613018801Asisten Ahli
10 GODHAM EKO SAPUTRO, S.Sn., M.DS0612108603ISIAsisten Ahli
11 AGUS SETIAWAN, M. Sn0615058302ISI SURAKARTAAsisten Ahli
12 MUSLIH, M.Kom0604057501Universitas Dian NuswantoroAsisten Ahli
13 KHAMADI, M. Ds0608019001Institut Teknologi BandungAsisten Ahli
14 TOTO HARYADI, M.Ds0629038901Institut Teknologi BandungAsisten Ahli
15Dr. KHAFIIZH HASTUTI, M.Kom0604097902UdinusLektor
16 ADJI NUGROHO, M.Sn0608027103Tenaga Pengajar
17 ERISA ADYATI RAHMASARI, S.Sn, M.Kom0609078801Universitas Dian NuswantoroTenaga Pengajar
18 ANNAS MARZUKI SULAIMAN, S.Sn0616087604Universitas Negri SurakartaTenaga Pengajar
19 MUHAMMAD TAUFIK, M.Sn.0615126203Tenaga Pengajar
20 PURI SULISTIYAWATI, S.Sn, M.Kom0606018902Tenaga Pengajar
21 DWI PUJI PRABOWO, S.Sn,M.Kom0618058901Universitas Dian NuswantoroTenaga Pengajar
22 CAHAYA JATMOKO, M.Kom0614027402Universitas Dian NuswantoroTenaga Pengajar
23 MUH ARIFFUDIN ISLAM, M.Sn0614108201ISI SURAKARTTATenaga Pengajar
24 LUK LUK LUHURING S., S.Kom, M.T0631018501Tenaga Pengajar
25 AHMAD AKROM, S.Sn, M.Kom0626018901UdinusTenaga Pengajar
26 DENNI ALDI RAMADHANI, M.Kom0605049101Universitas Dian NuswantoroTenaga Pengajar
27 MUHAMMAD TAUFIK, M.Sn.0615126203Tenaga Pengajar
28 ANNAS MARZUKI SULAIMAN, M.Sn0616087604INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTATenaga Pengajar

MATAKULIAH

Kode MTK Nama Mata Kuliah T/P SKS Smt Silabus RPKPS
A14.17505 ANIMASI 2D TP 4 5 Tidak ada Ada
A14.17205 BAHASA INGGRIS II T 2 2 Tidak ada Ada
A14.17203 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL I TP 6 3 Tidak ada Ada
A14.17306 FOTOGRAFI II TP 3 3 Tidak ada Ada
A14.17305 ILUSTRASI I P 2 3 Tidak ada Ada
A14.17301 MENGGAMBAR II P 2 3 Tidak ada Ada
A14.17407 METODE PRODUKSI GRAFIKA II TP 2 5 Tidak ada Ada
A14.17632 BAHASA VISUAL IKLAN T 2 6 Tidak ada Ada
A14.27608 KOMUNIKASI VISUAL PERIKLANAN TP 4 5 Tidak ada Tidak ada
A14.27205 STRATEGI KOMUNIKASI T 2 2 Ada Ada
A14.27103 GAMBAR TEKNIK P 2 1 Ada Ada
A14.27101 TIPOGRAFI TP 2 1 Ada Ada
A14.27106 SKETSA P 2 1 Ada Ada
A14.27104 PENGANTAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL T 2 1 Ada Ada
A14.27102 NIRMANA TP 3 1 Tidak ada Tidak ada
A14.27206 ESTETIKA T 2 2 Ada Ada
A14.27204 SEJARAH DESAIN KOMUNIKASI VISUAL T 2 2 Ada Ada
A14.27203 KOMPUTER GRAFIS I P 2 2 Ada Ada
A14.27202 MENGGAMBAR I TP 3 2 Ada Ada
A14.27201 TIPOGRAFI APLIKATIF TP 2 2 Ada Ada
A14.27307 TEKNIK PRESENTASI T 2 3 Ada Ada
A14.27306 PSIKOLOGI PERSEPSI T 2 3 Ada Ada
A14.27305 FOTOGRAFI 1 TP 3 3 Tidak ada Tidak ada
A14.27304 KOMPUTER GRAFIS II P 2 3 Ada Ada
A14.27302 MENGGAMBAR II TP 3 3 Ada Ada
A14.27301 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL I TP 6 3 Ada Ada
A14.27406 METODOLOGI DESAIN T 2 4 Ada Ada
A14.27405 FOTOGRAFI 2 TP 3 4 Tidak ada Tidak ada
A14.27706 NEW MEDIA T 2 5 Tidak ada Tidak ada
A14.27404 ILUSTRASI TP 2 4 Ada Ada
A14.27403 SINEMATOGRAFI T 2 4 Ada Ada
A14.27402 DESAIN WEB P 2 4 Ada Ada
A14.27401 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL II TP 6 4 Ada Ada
A14.27507 TEORI PERIKLANAN T 2 5 Ada Ada
A14.27505 METODE PRODUKSI GRAFIKA 2 P 2 5 Tidak ada Tidak ada
A14.27504 KRITIK DESAIN T 2 3 Tidak ada Tidak ada
A14.27501 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL III TP 6 5 Ada Ada
A14.27502 VISUAL STORYTELLING TP 2 5 Ada Ada
A14.27503 AUDIO VISUAL TP 4 5 Ada Ada
A14.27407 TINJAUAN DESAIN T 2 2 Tidak ada Tidak ada
A14.27605 CREATIVE ENTREPRENEURSHIP T 2 5 Tidak ada Tidak ada
A14.27611 MANAJEMEN SKENARIO ANIMASI T 2 6 Tidak ada Tidak ada
A14.27610 KOMUNIKASI GRAFIS TP 4 6 Tidak ada Tidak ada
A14.27609 BAHASA VISUAL T 2 6 Ada Ada
A14.27607 MEDIA INTERAKTIF P 2 6 Ada Ada
A14.27601 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL IV TP 6 6 Ada Ada
A14.27602 PEMODELAN 3D P 2 6 Ada Ada
A14.27603 ANIMASI 2D TP 4 6 Ada Ada
A14.27604 MULTIMEDIA T 2 6 Ada Ada
A14.27710 KAJIAN BUDAYA T 2 7 Ada Ada
A14.27711 PROYEK ANIMASI 2D TP 4 7 Tidak ada Tidak ada
A14.27712 PROYEK ANIMASI 3D TP 4 7 Tidak ada Tidak ada
A14.27713 GAME DESIGN DEVELOPMENT T 2 7 Tidak ada Ada
A14.27715 PEMASARAN DAN PERILAKU KONSUMEN T 2 7 Tidak ada Ada
A14.27716 DESAIN PRODUK TP 2 7 Tidak ada Ada
A14.27709 DESAIN ORNAMEN TP 2 7 Ada Ada
A14.27705 ETIKA PROFESI T 2 7 Ada Ada
A14.27703 MANAJEMEN DESAIN T 2 7 Ada Ada
A14.27701 KOLOKIUM T 4 7 Tidak ada Tidak ada
A14.27708 VISUAL MERCHANDISING TP 4 5 Tidak ada Tidak ada
A14.27303 CREATIVE WRITING T 2 3 Ada Ada
A14.27408 METODE PRODUKSI GRAFIKA 1 T 2 4 Tidak ada Tidak ada
A14.27801 TUGAS AKHIR TP 8 8 Tidak ada Tidak ada
A14.27707 PROYEK INTERAKTIF TP 4 5 Tidak ada Tidak ada
A14.27714 PEMROGRAMAN GAME TP 4 7 Tidak ada Tidak ada
A14.27702 KERJA PRAKTEK P 2 7 Tidak ada Tidak ada

PENELITIAN MAHASISWA

No Nama Alumni Judul Skripsi Wisuda Ke Abstrak
1 HENING HESTI ASTUTI 60 Abstrak
2 NURUL ASYIATUL NISWAH Perancangan Media Promosi Festival Jenang Solo 2017 : Pesona Jenang Nusantara 60 Abstrak
3 MAULIDIA FIRDA AULIA Perancangan Media Promosi Megaland Hotel Surakarta 60 Abstrak
4 JODY YUNIARDI Perancangan Sign System Pada Museum Batik Pekalongan 60 Abstrak
5 LUSI NOVIANI PRASETYO Representasi Maskulinitas Dalam Iklan POND`s Men Pollution Out Edisi Rio Dewanto 60 Abstrak
6 SARI PUJI ASTUTI PERANCANGAN VISUAL BRANDING PERSIS GOTONG ROYONG DI KOTA SOLO 60 Abstrak
7 ANISYA ISTIFA WAHDIATI Perancangan Visual Branding Ageman Fashion and Accesories 60 Abstrak
8 DEA FAUSTINA SHAULA Perancangan Game Edukasi Untuk Menanamkan Tata Krama Pada Anak 60 Abstrak
9 RAHMANITA ANDILA PERANCANGAN IKLAN UNTUK MEMPERLUAS PASAR KAMILA BUTIK DI KOTA SEMARANG 60 Abstrak
10 RIZKY MUNFA'ATI PERANCANGAN BUKU CERITA SEBAGAI SARANA EDUKASI MORAL ANAK SEKOLAH 7-12 TAHUN 60 Abstrak
11 ALFUN NI`AM ANGGA SAPUTRA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI DALAM PERLUASAN PASAR PADA DE`LIMA CATERING DI KOTA SOLO 60 Abstrak
12 NESTY DIAN SETYAWATI Analisis Iklan Televisi Bakmi Mewah Versi "Raffi-Indy" Menggunakan Teori Semiotika Roland Barthes 60 Abstrak
13 LATIFFAH FARADILLA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MENU BREAKFAST DI LEGEND COFFEE SEMARANG 60 Abstrak
14 ZANUAR ADHI PRAMANA PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT UNTUK MENGURANGI KEKERASAN PADA PEREMPUAN DAN ANAK DI KABUPATEN BANJARNEGARA 60 Abstrak
15 ANDRI NUR FAUZI PERANCANGAN DESAIN LOGO DAN CORPORATE INDETITY HUSNUZON MOSLEM CREATIVE CENTER DI KOTA SOLO 60 Abstrak
16 FAHRI MUHAMMAD 60 Abstrak
17 INDRA WANTO PERANCANGAN FILM ANIMASI 2D “KATA KAS UDIN” TENTANG PENTINGNYA PERAN GURU DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR KEPADA SISWA 60 Abstrak
18 RUDY ANANG PRASETYO PERANCANGAN BOARD GAME ``PENGENALAN BUDAYA NUSANTARA`` TENTANG PENTINGNYA MENGENAL BUDAYA INDONESIA SEJAK USIA DINI 60 Abstrak
19 EVITA WIDASARI Perancangan Konten Kreatif 16 Sub Sektor Ekonomi Kreatif BEKRAF Melalui Video Fulldome 60 Abstrak
20 FIKRI ADILUHUR NOOR HIDAYAT PERANCANGAN GAME INTERAKTIF UNTUK MEMBANGUN KARAKTER KEPEDULIAN TERHADAP ALAM SEJAK USIA DINI 60 Abstrak
21 RIZKI AGUSTINA Perancangan E-Learning sebagai Media Edukasi Fasilitator Layanan Air Minum dan Sanitasi Perdesaan 60 Abstrak
22 ADITYA DAMAS WIDHIASWORO PERANCANGAN PROGRAM TV REALITY SHOW “ KOMUNITAS SEDEKAH ROMBONGAN “ SEBAGAI TONTONAN PENDIDIKAN TERHADAP REMAJA 60 Abstrak
23 TYAS INDRASARI FANDINI PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI TARI TOPENG ENDEL SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA TEGAL 60 Abstrak
24 FAHED ABDUL AZIZ Perancangan Audio Visual Reality Show TVKU Insan Pengabdi Episode Relawan Penanggulangan Bencana Angling Kusumo 60 Abstrak
25 DOCA VESTALIA MAYESTI Upaya Mempromosikan Kimono Modern Viora Wrap sebagai Gaya Fashion Wanita Modern 60 Abstrak
26 AGIAR ASMARA BAGASKORO UPAYA MENINGKATKAN KONSUMEN DALAM PERANCANGAN MEDIA PROMOSI JJ FURNITURE SUKOHARJO 60 Abstrak
27 DICKY RIZALDI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI MUSEUM KERETA API AMBARAWA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN LOKAL 60 Abstrak
28 HENI MAR`ATUS SHOLIHAH PERANCANGAN PROGRAM ACARA REALITY SHOW FINAL IDE MUDA UNTUK MENARIK MINAT GENERASI MUDA UNTUK MENONTON TVKU 60 Abstrak
29 RISPAMA DAMAR YANTI SARAGIH PERANCANGAN REDESAIN LOGO BUTIK TWO BEE’S YANG SIMPEL DAN ELEGAN UNTUK MENINGKATKAN CITRA DI MASYARAKAT 60 Abstrak
30 MEYLA CHUSNA INAYATI Pengembangan Desain Website Sistem Informasi Akademik Universitas Dian Nuswantoro (SiAdin) 60 Abstrak
31 RIFKY NOOR HIDAYAT PERANCANGAN ANIMASI EDUKASI `BANBAN` EPISODE MENGENAL CUACA DAN BENDA LANGIT UNTUK STASIUN TELEVISI BERLANGGANAN HOREE!TV 60 Abstrak
32 ALFIRA PUTRI HAPSARI Perancangan media promosi untuk memperkenalkan clothing Specta Wear 60 Abstrak
33 RIFKY EKA ANGGARAPUTRA PERANCANGAN PROGRAM REALITY SHOW INSAN PENGABDI KOMUNITAS `PAGI BERBAGI` UNTUK MENAMBAH DONATUR MELALUI PT. TELEVISI KAMPUS 60 Abstrak
34 MUHAMAD FADLI Perancangan Untuk Memperkenalkan Image Baru TVKU Melalui Media Promosi 60 Abstrak
35 ARDHI MAULIA ASHARI PERANCANGAN ANIMASI 2D `KAS UDIN` TENTANG KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL TAHUN 2017 60 Abstrak
36 LUTFI GANI AR-RAZY Perancangan Company Profile untuk Mengenalkan Kadin Jawa Tengah 60 Abstrak
37 KRESNA NANDA WIWAHA PERANCANGAN PROMOSI PENJURIAN KOMPETISI “IDE MUDA” MELALUI REALITY SHOW DI TVKU 60 Abstrak
38 CITRAWATI PERANCANGAN PROGRAM ACARA REALITY SHOW MENTORING IDE MUDA PADA TVKU UNTUK MEMPERTAHANKAN CITRA TVKU SEBAGAI TELEVISI PENDIDIKAN 60 Abstrak
39 CHANDRA PRAYOGA KAJIAN ETIKA PARIWARA INDONESIA IKLAN BUKALAPAK VERSI GILANYA BELANJA MELALUI SEMIOTIKA JOHN FISKE 60 Abstrak
40 FADHLI RAHMAT WIJAYA PERANCANGAN PROMOSI BLACKBONE COFFEE MELALUI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL 60 Abstrak
41 AGLIN PRAHADELA PERANCANGAN ULANG VISUAL IDENTITY SPESIAL BAKSO MAKNYUSS PATI 60 Abstrak
42 SULTAN KHADAFI Perancangan corporate Identity Bengkel MKD Custom Bike and Classic Garage di Jepara 60 Abstrak
43 AHMAD PAMBUDI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI GUNA MENGENALKAN DAN MENINGKATKAN OMSET KOPI HITAM SENOPATI KE MASYARAKAT KABUPATEN PATI 60 Abstrak
44 RONARIO ARI PRANGGORO Perancangan Ulang Corporate Identity Great Coffee 1987 Semarang 60 Abstrak
45 RIFANZI CHANDRA PERANCANGAN ANIMASI 2D TENTANG PEMANFAATAN GADGET SEBAGAI SARANA INFORMASI MENGENAI PASANGAN CALON KEPALA DAERAH DALAM UPAYA MENGURANGI ANGKA `GOLPUT` PADA PILKADA 2017 60 Abstrak
46 MOCHAMAD MUSHOFFA Perancangan Company Profile Siecle Laundry and Shoecare di Semarang 60 Abstrak
47 CHRISTIANTO HARSADI Perancangan Media Promosi Produk ThisAble Beauty Care sebagai Upaya Mewujudkan Program Pemberdayaan Ekonomi Kreatif untuk Disabilitas 60 Abstrak
48 ARTHUR JAMES PRASETYO PERANCANGAN KOMIK WEBTOON SEBAGAI MEDIA BELAJAR BAHASA MANDARIN DASAR 60 Abstrak
49 MADA OKTAVIANTO 60 Abstrak
50 GIGIH PRADITA MAHMUD PERANCANGAN ULANG CORPORATE IDENTITY PERUSAHAAN MEBEL "UD BERDIKARI" SEMARANG 60 Abstrak
51 ANDY SANTOSO Perancangan Media Promosi Untuk Meningkatkan Omzet Chrystal Pet Clinic 60 Abstrak
52 NOVI DWI SULISTYARINI PERANCANGAN VISUAL BRANDING CINTA BATIK SEMARANGAN 60 Abstrak
53 MUH SAHAL MAHADI PERAN WARNA DAN FONT DALAM KEMASAN SACHET VARIAN RASA KOPI GOOD DAY 60 Abstrak
54 DEWI ANGGI ANGGRAENI RATNASARI Visual Identity Mata Uang Kertas Indonesia Emisi Tahun 2000 Menggunakan Pendekatan Estetika 60 Abstrak
55 RIO KURNIA PRASETIYO Perancangan Ulang Corporate Identity Perusahaan Gelora Konveksi Sebagai Upaya Meningkatkan Citra Perusahaan 60 Abstrak
56 ELLA KHARISMATUN KHOLIFAH PERANCANGAN VISUAL BRANDING EDMIKA SARI OMAH MANTEN DI SEMARANG SEBAGAI SANGGAR DAN WEDDING ORGANIZER TRADISIONAL 60 Abstrak
57 ALOYCIA DEWANTI ASTRID RAFRIDA PERANCANGAN IKLAN KOMERSIAL SEBAGAI SARANA MEMPERKENALKAN MASKER KULIT MANGGIS CHAIRUL SALEH KEPADA MASYARAKAT DI PULAU JAWA 60 Abstrak
58 REZA RAMADHAN Perancangan Media Promosi untuk Memperkenalkan Ohayo Drawing School center Semarang 60 Abstrak
59 HENVAHRI LITAHALIM 60 Abstrak
60 GILANG RIZKI GARDIANTO 60 Abstrak
61 BAHARUDIN ARDIANSYAH 60 Abstrak
62 LEONARD IVAN SAPUTRO 60 Abstrak
63 MUHAMMAD FAJAR SIDIQ 60 Abstrak
64 DANNY KRISTIANTO 60 Abstrak
65 MUHAMAD SAEFUDIN 60 Abstrak
66 MUSYAFAK 60 Abstrak
67 ROSI MAHARDHIKA 60 Abstrak
68 HERI PRAMUDYO PRASETYONO 60 Abstrak
69 DINAR PUGARA 60 Abstrak
70 ARDIAN HARSONO 60 Abstrak
71 TEGAR RISTIANTO PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL MEDIA PROMOSI HANA SNACK MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEKNIK FOTOGRAFI 59 Abstrak
72 MOHAMMAD IMRON UPAYA MEMPERKENALKAN JAMU TRADISIONAL KEPADA ANAK MELALUI GAME 59 Abstrak
73 YOFIE NURIZKY FIRANO PUTRA 59 Abstrak
74 ROMI SETIAWAN 59 Abstrak
75 BRAM ALVIANTA 59 Abstrak
76 YOPI EKA PRASETIYO 59 Abstrak
77 ERZA TAUFIQURRAKHMAN 59 Abstrak
78 M. ISA ABDILLAH 59 Abstrak
79 FACHRY AFIF TJAHJONO 59 Abstrak
80 RAHMAT SUDRAJAT LAZUARDI 59 Abstrak
81 DEKA FATIKHA MIFTAHUSSIFA PERANCANGAN MEDIA IKLAN OBYEK WISATA WADUK GAJAH MUNGKUR KABUPATEN WONOGIRI 59 Abstrak
82 RISTA NUGRAHANI Perancangan Media Iklan Sabit Photography untuk Memperkenalkan Foto Post Wedding di kota Semarang 59 Abstrak
83 AGUS WINARSA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PURI AGUNG HOTEL & RESORT DI KABUPATEN SEMARANG 59 Abstrak
84 ATI BAHIYATI UTAMI PUTRI Mengenalkan Permainan Tradisional Engklek Melalui Teknologi Digital 59 Abstrak
85 RYAN GUSTIAWAN PUTRA 59 Abstrak
86 AGUSTA PRESETYO REDESIGN VISUAL BRAND IDENTITY BENGKEL KLASIK OTOMOTIF MITRA KARYA DI KOTA SEMARANG 59 Abstrak
87 GAGAH SUKMOAJI 59 Abstrak
88 DESTALIA PERDANA PUTRI PERANCANGAN PROMOSI WISATA PANTAI DI KECAMATAN TEPUS SEBAGAI SALAH SATU DESTINASI WISATA ALAM GUNUNGKIDUL 59 Abstrak
89 FADIL TIMUR RACHMANDA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERKENALKAN KEDAI D’HOUSE DI KOTA SEMARANG 59 Abstrak
90 FARIDA RACHMA PUTRI Desain Instruksional Cara Melapor Penipuan Jual-Beli Online ke Polisi 59 Abstrak
91 ENI FAROHATUZZUNAIROH 59 Abstrak
92 DICKY RIZAL PARMANTA PERANCANGAN ULANG CORPORATE IDENTITY TOKO BANGUNAN DAN MEBEL EB DI UNGARAN 59 Abstrak
93 IMAM HUMAINI 59 Abstrak
94 MUHAMMAD ABDULLAH SANI PERANCANGAN PROTOTIPE GAME POTRET SEMARANG SEBAGAI PENUNJANG MEDIA PROMOSI PARIWISATA KOTA SEMARANG 59 Abstrak
95 AR RIZZA DELI HENRI 59 Abstrak
96 WAHYU SETYORINI PERANCANGAN ILM TENTANG MENCEGAH BAHAYA PENGGUNAAN EARPHONE SECARA BERLEBIHAN TERHADAP KESEHATAN TELINGA 59 Abstrak
97 MAMBA'UL ULUM PERANCANGAN GAME EDUKASI TENTANG CARA MERAWAT HEWAN PELIHARAAN UNTUK ANAK USIA 4-7 TAHUN 59 Abstrak
98 HERI BUDIARTO 59 Abstrak
99 ARIYA DINATA PERANCANGAN IKLAN KOMERSIAL INK PASSION UNTUK MEMPERKENALKAN PERUSAHAAN KEPADA MASYARAKAT JAWA TENGAH 59 Abstrak
100 BAMBANG PRASETYA 59 Abstrak
101 DWI JATMIKO PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUNJUNG WISATA KABUPATEN PACITAN JAWA TIMUR 59 Abstrak
102 RIZKY WISNU ARDI BRATA 59 Abstrak
103 AGUS KURNIAWAN PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA HIGIENE SANITASI BAGI DEPOT AIR MINUM ISI ULANG DI KOTA SEMARANG 59 Abstrak
104 OKTANIA ESTA QAMARANI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERKENALKAN PRODUK – PRODUK JOERAGAN TAN SOE DI KOTA SEMARANG 59 Abstrak
105 OKI DWI HENDARTO Analisa Tone dan Warna Default Filter Aplikasi VSCO cam Pada Foto Low dan High Contrast 59 Abstrak

PENELITIAN DOSEN

No Judul Ketua Peneliti Tahun
1 Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi: Matakuliah Berbasis Creativepreneurship Di Lingkungan Program Studi Seni Dan Desain Sebagai Solusi Mengatasi Pengangguran Intelektual Di Pasar Bebas Mea PUJIYANTO 2017
2 Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi: Local Genius Aesthetic Sebagai Ide Dasar Pengembangan Modul Kreatif Desain Iklan Cetak Dalam Pengembangan Wirausaha (Bisnis) Digital Printing Malang Raya Menjadi Biro Advertising PUJIYANTO 2017
3 Peningkatan Citra Populeritas Universitas Negeri Malang Melalui Pendekatan Ideologi Media Promosi (Desain Iklan Cetak) PUJIYANTO 2017
4 Eksplorasi Seni Tradisi Nusantara Sebagai Bahan Materi Matakuliah Praktik DKV Melalui Kerjasama Universitas Negeri Malang (UM) Dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta PUJIYANTO 2017
5 RULE-BASED EXPERT SYSTEMS UNTUK KOMPOSISI MUSIK GAMELAN JAWA KHAFIIZH HASTUTI 2017
6 PERANCANGAN GAME DESIGN DEVELOPMENT ADAPTASI PERMAINAN MUL-MULAN KE DALAM PERMAINAN DIGITAL SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA PERMAINAN TRADISIONAL KHAMADI 2017
7 TANDA VISUAL SURYA MAJAPAHIT DALAM RELIEF MASJID SEBAGAI KONSEP KOMUNIKASI VISUAL (Studi Kasus Relief Masjid Mantingan Jepara Jawa Tengah) AGUS SETIAWAN 2017
8 PENGEMBANGAN DESAIN MOTIF UKIR UNTUK AKTUALISASI IDENTITAS JEPARA SEBAGAI KOTA UKIR AGUS SETIAWAN 2016
9 Graffiti Sebagai Media Komunikasi Para Musyafir: Interpretasi Pesan Visual dan Verbal Melalui Graffiti di Toilet Umum Terminal Bus “Antar Kota Dalam Provinsi” dan “Antar Kota Antar Provinsi” PUJIYANTO 2016
10 TANDA VISUAL SURYA MAJAPAHIT DALAM RELIEF MASJID SEBAGAI KONSEP KOMUNIKASI VISUAL (Studi Kasus Relief Masjid Mantingan Jepara Jawa Tengah) AGUS SETIAWAN 2016
11 PURWA RUPA (PROTOTYPE) KOMIK INTERAKTIF SEBAGAI SARANA KAMPANYE SAFETY RIDING MELALUI PENDEKATAN DIGITAL STORYTELLING GODHAM EKO SAPUTRO 2015
12 MODEL ADAPTASI PERMAINAN MACANAN KE DALAM PERANCANGAN PERMAINAN DIGITAL SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA PERMAINAN TRADISIONAL KHAMADI 2015
13 Pengenalan Karakter pada Plat Nomor Kendaraan Berbasis Support Vector Machine dan Genetic Algorithm CAHAYA JATMOKO 2015
14 Pengenalan Karakter pada Plat Nomor Kendaraan Berbasis Support Vector Machine dan Genetic Algorithm CAHAYA JATMOKO 2015
15 Karakter Tampilan Luar atau Fasad Bangunan Ikonik Kota sebagai Acuan Visual untuk Alternatif Desain Identitas BERNARDUS ANDANG PRASETYA ADIWIBAWA 2015
16 Perancangan Model Wujud Visual Tokoh Pewayangan dalam Pembentukan Identitas dan Watak Tokoh sebagai Acuan Desain Karakter dalam Karya DKV TOTO HARYADI 2015
17 Pengembangan Custom Made Signage sebagai Sarana Informasi dalam Struktur Desain Sistem Tanda di Pasar Jrakah Semarang ABI SENOPRABOWO 2015
18 Tracer Study Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra UM PUJIYANTO 2015
19 Prototipe Pemodelan Sebagai Rujukan Untuk Desain Dan Konten MAL Daring Menggunakan Metode Anova (Studi Kasus : MAL Daring OLX,LAZADA, Dan Toko Pedia) AURIA F. YOGANANTI 2015
20 Pengembangan Custom Made Signage Sebagai Sarana Informasi Dalam Struktur Desain Sistem Tanda di Pasar Jrakah Semarang ABI SENOPRABOWO 2015
21 IbM Pelatihan Desain Grafis Bagi Karang Taruna Malwapati Mranggen Kab. Demak AURIA F. YOGANANTI 2015
22 IbM Multimedia Untuk Pembelajaran Bagi Santri Ponpes Al-Hadi Mranggen Demak MUHAMMAD TAUFIK 2015
23 IbM Desain Grafis Dasar Bagi Siswa & Guru MA Panatuth Thullab Untuk Meningkatkan Kemampuan Dalam Bidang Kehumasan ABI SENOPRABOWO 2015
24 IbM Aplikasi Perkantoran Bagi Guru MI Kebonharjo Semarang DANIAR WIKAN SETYANTO 2015
25 IbM Program Pengabdian Masyarakat Woorkshop Mading Digital di SMA Negeri 1 Kudus & SMK Muhammadiyah Kudus GODHAM EKO SAPUTRO 2015
26 IbM Pelatihan Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Softskill Bagi Siswa SMK Kyai Ageng Giri KHAMADI 2015
27 KARAKTER TAMPILAN LUAR ATAU FASAD BANGUNAN IKONIK KOTA SEBAGAI ACUAN VISUAL UNTUK ALTERNATIF DESAIN IDENTITAS BERNARDUS ANDANG PRASETYA ADIWIBAWA 2015
28 Sistem Informasi Pengelolaan Dokumen Tangible Cultural Hetitage KHAFIIZH HASTUTI 2014
29 DESAIN ARSITEKTUR DATABASE SECARA REAL-TIME ANTAR DATABASE HETEROGEN UNTUK MENGELOLA INTEGRASI DATA ANTAR DATABASE EPIDEMIOLOGI MUSLIH 2014
30 SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DOKUMEN TANGIBLE CULTURAL HERITAGE KHAFIIZH HASTUTI 2014
31 Ideologi Estetik Simbolik Desain Media Periklanan Lini Atas (Above The Line) PUJIYANTO 2014
32 Sistem Pemantau Pertumbuhan pohon di Area Hutan Penampung Air Tanah Dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografis (GIS) Di Wilayah Propinsi Jawa Tengah CAHAYA JATMOKO 2014
33 Sistem Pemantau Pertumbuhan pohon di Area Hutan Penampung Air Tanah Dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografis (GIS) Di Wilayah Propinsi Jawa Tengah CAHAYA JATMOKO 2014
34 IbM Kelurahan Kembangarum Semarang Dalam Memanfaatkan Internet Yang Aman, Sehat dan Berbudaya KHAFIIZH HASTUTI 2014
35 IbM Kelurahan Bulu Lor Semarang Dalam Memanfaatkan Software Portable Document Format (PDF) Untuk Efisiensi Dan Keamanan Pengelolaan Arsip Digital MUH ARIFFUDIN ISLAM 2014
36 IbM Pelatihan Pembuatan WEB Bagi Pengelola PUD Terpadu Ar-Rifai Kelurahan Sambiroto Semarang MUSLIH 2014
37 Komparasi Algoritma Klasi1asi Data Mining Untuk Prediksi Mahasiswa Non Aktif KHAFIIZH HASTUTI 2013
38 PURWARUPA TANGIBLE CULTURAL HERITAGE DOCUMENTATION BERBASIS DATABASE MULTIMEDIA KHAFIIZH HASTUTI 2013
39 Komparasi Algoritma Klasifikasi Data Mining Untuk Prediksi Mahasiswa Non Aktif KHAFIIZH HASTUTI 2013
40 Pengembangan Desain Sistem Tanda Di Masjid Agung Jawa Tengah Sebagai Sarana Informasi (Studi Kasus Custom Made Signage) MUH ARIFFUDIN ISLAM 2011
41 Penyusunan Buku Ajar Matakuliah Bersyarat ”Desain Komunikasi Visual I S.D V” Sebagai Alternatif Percepatan Studi Mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual PUJIYANTO 2009
42 Pengembangan Desain Produk Keramik Elemen Estetik Bernuansa Kearifan Budaya Lokal Melalui Refitalisasi Ragam Unsur Budaya Lokal Jawa Timur untuk Meningkatkan Nilai Seni Kriya Keramik PUJIYANTO 2009
43 Fungsi dan Makna Simbolik Ragam Hias Batik Pesisiran PUJIYANTO 2008
44 Pengembangan Model Pembelajaran Tematis untuk Kelas 1 dan 2 SD tahap III PUJIYANTO 2008
45 Pengembangan Model Pembelajaran Tematis untuk Kelas 1 dan 2 SD tahap II PUJIYANTO 2007
46 Pengembangan Model Pembelajaran Tematis untuk Kelas 1 dan 2 SD tahap I PUJIYANTO 2006
47 Sistem Rekomendasi Penentuan Jurusan Kuliah Berbasis Profil dan Minat Siswa untuk Mengantisipasi Kesalahan Pemilihan Jurusan Calon Mahasiswa Baru KHAFIIZH HASTUTI
48 Sistem Rekomendasi Penentuan Jurusan Kuliah Berbasis Profil dan Minat Siswa untuk Mengantisipasi Kesalahan Pemilihan Jurusan Calon Mahasiswa Baru KHAFIIZH HASTUTI

Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-2)