Nama Hera Irnandha kerap kali tercatat sebagai penyumbang medali untuk Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) pada cabang olahraga karate. Berbagai kejuaraan dari tingkat daerah hingga ke kancah internasional sudah pernah ia ikuti. 
 
Perjalanannya menggeluti dunia karate dimulai sejak dirinya berada di bangku Sekolah Dasar (SD), tepatnya pada tahun 2009. “Awalnya, saya hanya mengikuti ekstrakulikuler. Kemudian, saat melihat pelatih saya yang memiliki banyak medali hingga 1 lemari penuh, saya jadi termotivasi untuk mencetak banyak prestasi juga,” ungkap mahasiswa Prodi S-1 Manajemen Udinus itu. 
 
Berangkat dari motivasi itu, perempuan yang akrab disapa Hera mulai bertekad untuk menyabet banyak medali di berbagai kejuaraan karate. Atas prestasi-prestasi yang didapatkan, gadis itu bahkan mendapatkan beasiswa pendidikan sejak SMP hingga kuliah.
 
“Tapi perjalanan itu tidak selalu mulus, saya sempat mengalami cedera yang harus istirahat sejenak dari berbagai pertandingan. Menurut saya cedera adalah musuh terbesar bagi seorang atlet,” perempuan kelahiran Jepara itu.
 
Di dunia perkuliahan, mahasiswi angkatan 2020 itu juga aktif mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Karate. Hal itu ia lakukan untuk mengembangkan kemampuan dengan ikut berlatih dan mengikuti berbagai ajang di tingkat universitas. Ia mengaku banyak dampak baik yang diterima.
 
“Udinus selalu memberikan dukungan kepada saya, apalagi dalam ajang-ajang kejuaraan. Bahkan hingga kejuaraan internasional ke luar negeri. Beasiswa juga tidak henti-hentinya diberikan oleh biro kemahasiswaan Udinus,” akunya.
 
Sebelumnya, Hera pernah menjuarai berbagai macam pertandingan. Pada ajang Semar Cup Internasional 2023, ia menyabet juara 1 kumite +68kg putri dan mendapatkan predikat best of the best putri. Juara 1 juga didapatkan oleh Hera pada Kejurnas Inkai 2022. Masih banyak lagi pencapaian-pencapaian yang berhasil diraih olehnya.
 
Meskipun sudah mendapat banyak pencapaian, Hera tidak lantas berpuas diri. Perempuan yang lahir pada 11 Agustus 2001 itu masih ingin mengikuti banyak kejuaraan untuk terus mengembangkan diri.
 
“Ke depannya, saya ingin selalu semangat berlatih dan menekuni dunia karate untuk mencapai target saya, yaitu bisa sampai bergabung ke tim nasional (timnas),” tutup gadis yang hobi bertraveling itu. (Humas Udinus/Ika. Foto: Dok. Pribadi)