Ditunjuk sebagai tuan rumah Kampus Merdeka Mandiri Fair 2023, Universitas Dian Nuswantoro berhasil menggelar kegiatan tersebut secara meriah. 150 Rektor dari Perguruan Tinggi di Lembaga Layanan pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah turut hadir dan berdikusi bersama pada kegiatan tersebut.

Roadshow Kampus Merdeka Fair sendiri diselenggarakan sebagai ajang untuk mempertemukan berbagai pemangku kepentingan Kampus Merdeka, baik dari kalangan dunia pendidikan maupun dunia usaha dan dunia industri. Setelah sukses dengan gelaran pertama di tahun 2022 lalu, pada tahun ini Kampus Merdeka Fair akan diselenggarakan di tiga kota di Indonesia, dimulai dari Kota Semarang, dan dilanjutkan dengan Kota Gorontalo serta Kota Tangerang. 

Kampus Merdeka Fair yang diselenggarakan di Udinus,  diisi dengan berbagai kegiatan seperti sharing session alumni dan mitra MBKM, bedah buku, dan diskusi panel yang diselenggarakan usai acara pembukaan yang diselenggarakan di Aula Gedung E lantai 3 Udinus.

Pada sesi wawancaranya, Rektor Udinus, Prof.Dr.Ir. Edi Noersasongko,M.Kom menyambut baik penunjukan Udinus sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kampus Merdeka Fair. Kesempatan ini, menurutnya, semakin memacu semangat Udinus untuk terus berkarya dan menciptakan berbagai keunggulan yang kreatif.

Dalam sambutannya, ia menjelaskan bahwa Udinus telah ikut menyelenggarakan berbagai program Kampus Merdeka secara mandiri. Ia pun juga berharap, inisiatif serupa juga muncul di berbagai perguruan tinggi lainnya.

“Saya berharap juga semua perguruan tinggi di Jawa Tengah ini dengan didukung oleh mitra berlomba-lomba untuk melaksanakan Kampus Merdeka Mandiri,” ucapnya saat diwawancara oleh didepan awak media.

Kegiatan yang telah dimulai sejak Rabu (30/8) lalu, juga menampilkan berbagai expo dari dalam Udinus maupun luar Udinus. Berbagai inovasi Udinus, Seperti Becak Listrik Kampus Udinus (Becikku), Robot Gamelan hingga Animasi ‘Si Warik’ yang telah dikenal pelosok nusantara,  pun turut meramaikan gelaran expo pada KM Fair kali ini. 

Pada kesempatan yang sama Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi juga menyampaikan bahwa semangat dari Kampus Merdeka memiliki esensi transformasi pendidikan tinggi untuk bersama melangkah maju ke depan. Harapannya, dari Kampus Merdeka perguruan tinggi nantinya tidak hanya mencetak lulusan akan tetapi memerdekakan potensi mahasiswa agar mereka menjadi yang terbaik setelah lulus dari bangku perkuliahan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung penyelenggaraan KM Fair 2023. Semoga melalui kegiatan ini, kita bisa saling berbagi pengalaman, menimba ilmu, dan mengokohkan semangat transformasi perguruan tinggi kita menuju perguruan tinggi masa depan yang gemilang,” kata  Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, ASEAN.Eng yang disampaikan secara daring.