Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) resmi jalin kerja sama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Perjanjian itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara kedua belah pihak.

Pada prosesi penandatanganan nota kesepahaman itu, Udinus diwakili oleh Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir,. Edi Noersasongko, M.Kom. Sementara itu, Kepala Kepolisian Republik Indonesia pada kesempatan ini diwakili oleh Kepala Bagian Kebijakan Pendidikan Pelatihan (Jadiklat) Rojianstra SSDM Polri, Kombes Pol Defrian Donimando, SIK, M.H. Hadir pula seluruh Wakil Rektor Udinus, Kepala Biro Kerja sama dan Urusan Internasional (KUI) Udinus serta jajaran dari Polri. Acara berlangsung dengan lancar dan berlokasi di ruang rapat gedung H lantai 1 Udinus.

Foto Bersama Seluruh Jajaran yang Hadir pada Kegiatan MoU Senin (27.11.2023)
Foto Bersama Seluruh Jajaran yang Hadir pada Kegiatan MoU Senin (27.11.2023)

Perjanjian kerja sama yang telah resmi dilakukan antara Udinus dan Polri. Hal itu menjadi langkah nyata untuk peningkatan sumber daya dan sarana prasarana dari kedua belah pihak. Pernyataan itu sesuai yang disampaikan Kombes Pol Defrian Donimando, SIK, M.H. Kombes Pol Defrian berharap kerja sama Udinus dan Polri akan terus terbangun dan berdampak positif untuk kedua institusi tersebut.

“Sudah sejak lama hubungan terjalin baik antara Udinus dan Polri. Bentuk-bentuk kerja sama itu seperti rencana perjanjian Fakultas Kedokteran Udinus dengan Rumah Sakit Bhayangkara dan beberapa kegiatan lainnya,” jelasnya.

Rektor Udinus bersama Jadiklat Rojianstra SSDM Polri Usai Melakukan Penandatanganan MoU
Rektor Udinus bersama Jadiklat Rojianstra SSDM Polri Usai Melakukan Penandatanganan MoU

Sementara itu, Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom., mengaku senang dan bangga mendapatkan kepercayaan dari Polri. Ungkap Prof. Edi, kerja sama itu telah terbangun sejak lama ,beberapa  dosen Udinus pun juga sempat mengajar beberapa mata kuliah di Akademi Kepolisian (Akpol).

Bahkan, setiap tahunnya pada proses Seleksi penerimaan calon Taruna dan Taruni Akademi Kepolisian (Akpol), Udinus dipercaya sebagai lokasi penyelenggaraan tes potensi akademik.

Setiap tahunnya Seleksi Penerimaan Calon Taruna dan Taruni Akademi Kepolisian (Akpo) dilakukan di Udinus. Tes yang dilakukan yaitu tes potensi akademik menggunakan komputer. Kegiatan itu memanfaatkan fasilitas laboratorium komputer yang berada di Gedung D lantai 2 Udinus.

“Hari ini semua kerja sama yang sudah pernah dan rutin dilakukan antar Udinus dan Polri akan diikat menjadi satu perjanjian kerja sama. Kami harap hubungan baik ini akan terjalin semakin erat dan mampu berguna bagi masyarakat luas,” harap Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom.

Selain peningkatan kualitas SDM dan sarana prasarana, Perjanjian antara Udinus dan Polri itu mencangkup pertukaran dan pemanfaatan data dan/atau informasi, program Pendidikan, pengkajian, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan/atau pengembangan kelembagaan. Selain itu juga implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

(Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)