Seluruh perwakilan organisasi mahasiswa (ormawa) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mengikuti kegiatan ‘Police Goes to Campus’ yang berlangsung di Aula Auditorium gedung H lantai 7. Kegiatan yang dihelat oleh Kapolsek Semarang Tengah ini mengajak mahasiswa untuk menciptakan suasana damai selama pemilu 2024 diselenggarakan tidak lama lagi.

Kehadiran Kapolsek Semarang Tengah kali ini mengusung tema ‘Peran serta mahasiswa dalam rangka pemilu damai 2024’. Kegiatan berlangsung dengan antusias terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan. Diikuti oleh 45 perwakilan dari ormawa Udinus, pada Senin, 14 November 2023 kemarin.

Kapolsek Semarang Tengah Saat Memberikan Sosialisasi Pemilu 2024 Damai
Kapolsek Semarang Tengah Saat Memberikan Sosialisasi Pemilu 2024 Damai di Aula Auditorium H.7 Udinus

Materi pun disampaikan langsung oleh Kapolsek Semarang Tengah, Kompol Indra Romantika. Ungkapnya mahasiswa merupakan salah satu elemen masyarakat yang ikut berperan aktif. Tidak jarang kegiatan mereka yang menyinggung langsung dengan masyarakat. Oleh karena itu, sosialisasi dilakukan mewujudkan suasana yang damai selama pemilu berlangsung.

“Kami hadir ke kampus Udinus dengan harapan wawasan yang diterima tidak berhenti sampai mahasiswa saja. Mereka lah yang akan berperan aktif mensosialisasikan pemilu damai kepada masyarakat umum,” terangnya.

Sambutan Yang Baik Dari Kemahasiswaan

Hadir dan memberikan sambutan, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, M.M. Pada kesempatan itu ia berpesan agar mahasiswa memahami betul wawasan yang diberikan oleh Kapolsek Semarang Tengah. Selama ini Udinus juga telah memberikan pemahaman kepada mahasiswa terutama anggota ormawa untuk anti sara.

Lebih lanjut, Dr. Kusni Ingsih, M.M., berharap mahasiswa dapat menjaga adanya pelecehan suku ras agama, maupun perbedaan politik ketika di lingkup kampus. Perihal berpolitik, mahasiswa masih bisa melakukannya di luar kampus. Dengan catatan tidak mengikuti demo atau hal serupa yang merugikan pihak lain.

“Pelatihan ini juga sangat tepat karena rata-rata ini pertama kalinya mahasiswa ikut pemilu presiden. Semoga sosialisasi yang diberikan dapat memberi efek positif untuk mahasiswa maupun masyarakat umum,” harapnya.

Sebagai informasi, Pemilu 2024 diselenggarakan pada Rabu, 14 Februari 2024. Bagi mahasiswa yang sudah genap berumur 17 tahun dapat berpartisipasi menjadi pemilih. Mereka akan memilih Presiden, Wakil Presiden, anggota DPR, anggota DPRD Provinsi, anggota DPRD kabupaten/kota, dan anggota DPD. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)