Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) berikan pelatihan robotika kepada siswa-siswi Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Semarang. Pelatihan itu diberikan oleh Program Sarjana Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) Udinus, pekan lalu.

Kegiatan yang diisi oleh dosen dan mahasiswa Teknik Elektro Udinus itu disambut dengan antusias oleh siswa-siswi. Pelatihan dimulai dari dasar robotika, pengenalan hardware, desain robot sepak bola hingga pemrograman robot. Belasan peserta yang mengikuti pelatihan terdiri dari siswa berkebutuhan khusus tuna rungu dan tuna wicara.

Ketua Program Sarjana Teknik Elektro Udinus, Dr. Ir. M Ary Heryanto, S.T., M.Eng., menjelaskan pelatihan ditujukan agar siswa SLB lebih familiar dengan dunia robotika. Pasalnya, belum lama ini kementrian mulai menggelar beberapa lomba di bidang robotika yang melibatkan siswa SLB.

“Dalam pelatihan ini kami mengajarkan teman-teman untuk menambah wawasan guna mempersiapkan lomba robotika kedepannya. Kami mengenalkan cara merancang dan merakit robot sesuai dengan kurikulum mereka. Namun tetap mengenalkan perkembangan robotika saat ini,” terangnya.

ANTUSIAS: Siswa SLB Kota Semarang antusias saat mempelajari robotika bersama Udinus

Menanggapi hal tersebut, Kepala SLB Negeri Semarang, Sri  Sugiarti, S.Pd., berterima kasih dan berikan apresiasi kepada Udinus. Karena telah memfasilitasi kegiatan robotik sebagai bekal mengikuti perlombaan.

“Pelatihan ini sangat disambut dengan positif oleh siswa-siswi kami. Mereka terlihat senang dan bersemangat untuk mengenal lebih dalam terkait robotika dan ingin meraih juara di perlombaan selanjutnya,” jelasnya.

Pelatihan ini sebagai salah satu upaya dosen dan mahasiswa Udinus menjalankan Tri Dharma Pendidikan. Yaitu melakukan pengabdian kepada masyarakat, memberikan pelatihan positif sesuai jurusan dosen dan mahasiswa tersebut. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)