Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) perkuat kerja sama dengan Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI). Perjanjian itu mencakup beasiswa yang diberikan oleh perusahaan asal Belgia, Colruyt Group. Kerja sama itu sebagai bentuk kepedulian terkait pendidikan anak muda baik di Indonesia maupun Belgia.

Penandatanganan berlangsung di Rektorat Udinus gedung G lantai 1, pada Selasa, 7 Mei 2024. Disambut oleh Wakil Rektor IV Bidang Penelitian dan Kerjasama Udinus, Prof. Dr. Pulung Nurtantio Andono, S.T., M.Kom. Disaksikan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, S.E., M.M. dan Kepala Biro Kemahasiswaan Udinus, Dr. Rindra Yusianto, S.Kom, M.T. Serta perwakilan dari Lembaga Kerjasama Dan Urusan International Udinus.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor IV menyebutkan bahwa kerja sama dengan YKAI telah berjalan kurang lebih selama 20 tahun. Kali ini kerja sama itu diperkuat dengan mengirimkan mahasiswa untuk terjun langsung ke perusahaan di Belgium.

“Harapannya mahasiswa bisa mendapat training berstandar internasional, serta mempelajari budaya di luar negeri. Sehingga saat pulang ke Indonesia mereka sudah memiliki pola pikir yang berbeda,” tutur Prof. Pulung.

“Ini merupakan misi yang baik, yaitu untuk memberi kesempatan anak bangsa mendapat jenjang pendidikan yang terbaik. Tentu Udinus sangat mendukung hal itu dan akan terus memperkuat kerja sama ini,” imbuhnya.

Udinus juga sudah rutin bekerja sama dengan perguruan dari luar negeri. Sejauh ini tercatat mencapai 10 negara yang telah melakukan perjanjian dengan Udinus. Seperti Malaysia, Thailand, Jepang, Filipina, Croatia, Taiwan, Croatia.

Perkuat Kerja Sama

Sementara itu dari YKAI dihadiri oleh perwakilan Direktur Eksekutif YKAI, yakni Manager Program Lauriena Boes. Dalam kesempatan itu ia diwakili oleh beberapa jajaran dari YKAI.

Manager Program Lauriena Boes, menjelaskan bahwa Indonesia sebagai upaya memperkuat kerja sama dengan negara impor Colruyt Group. Pihaknya sangat mendukung kebutuhan generasi muda, khususnya untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

“Kami percaya bahwa pendidikan menjadi kunci utama kesuksesan, dan Udinus sudah membuktikan kualitasnya di ranah tersebut. Udinus juga memiliki banyak fakultas, sehingga akan ada pilihan sesuai minat mahasiswa,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)