Career Center Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kembali sukses menggelar Job Fair ke-27. Acara ini diikuti oleh puluhan perusahaan besar dari seluruh Indonesia, berhasil menjembatani sekitar 3.500 peserta, termasuk alumni dan masyarakat umum, untuk mencari lapangan pekerjaan secara gratis.

Job Fair yang diselenggarakan pada 20-21 Juli 2024, memberikan kesempatan emas bagi para pencari kerja (jobseeker) dan perusahaan untuk berinteraksi secara langsung. Selain itu, para jobseeker memperoleh pengetahuan berharga tentang cara membuat CV yang menarik, langkah-langkah menghadapi wawancara, dan berbagai informasi penting terkait proses penerimaan karyawan.

Acara ini dibuka secara simbolis oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, MM, dengan disaksikan oleh Ketua Ikatan Alumni (IKA) Udinus, Mayjen TNI Nugroho Sulistyo, serta Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang, Slamet Budi Utomo, S.Ag., M.H. Para dosen Udinus juga turut hadir dalam acara tersebut.

Kepala Career Center Udinus, Dr. Sendi Novianto, MT, melaporkan bahwa sebanyak 22 perusahaan berpartisipasi dalam job fair kali ini. Perusahaan-perusahaan tersebut bergerak di berbagai bidang, termasuk perbankan, pengembangan perangkat lunak, garment, serta food and beverage.

“Sebagian besar peserta yang hadir di Job Fair kali ini merupakan alumni Udinus. Kami ingin menjadi jembatan kesuksesan, terutama bagi mereka yang sedang mencari kerja,” ujar Dr. Sendi.

Dr. Sendi juga menambahkan bahwa job fair ini merupakan upaya Udinus dalam mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia, khususnya di Kota Semarang. Peserta tidak hanya mencari lowongan pekerjaan, tetapi juga mendapatkan pengetahuan melalui talkshow yang diisi oleh narasumber dari perusahaan peserta job fair.

“Job fair adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan Career Center Udinus tiga kali setiap tahun. Penyelenggaraan ini menyesuaikan dengan periode wisuda Udinus, dengan tujuan memberikan kesempatan para lulusan untuk terjun ke dunia profesional,” pungkasnya.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, MM, berharap job fair ini juga dimanfaatkan oleh para lulusan Udinus untuk menjalin silaturahmi dengan sesama jobseeker. Menurutnya, kolaborasi antara Career Center Udinus dan IKA Udinus merupakan langkah strategis untuk menjembatani para alumni dengan perusahaan.

“Semoga alumni Udinus yang ikut berpartisipasi bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan mereka,” ungkap Dr. Kusni Ingsih saat diwawancarai.

Mayjen TNI Nugroho Sulistyo, yang ditemui selepas pembukaan Job Fair ke-27 Udinus, berharap para pengusaha dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan karyawan yang kompeten dan dapat diandalkan. IKA Udinus juga mendorong para alumni yang baru lulus untuk terlibat dalam acara ini, dengan tujuan mempertemukan kebutuhan para pengusaha dengan kebutuhan para alumni untuk berkarir di berbagai perusahaan.

“Sebagai kampus entrepreneur, kami fokus mendukung berbagai macam lapangan pekerjaan di berbagai perusahaan, baik di bidang teknologi informasi, manajemen bisnis, dan lain sebagainya,” tutup Mayjen TNI Nugroho Sulistyo. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)