Ingin harumkan tempat kelahirannya Ngawi, mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Diah Ayu Putri Permata termotivasi mengikuti Kompetisi Duta Wisata Jawa Timur. Melalui kejuaraan itu, ia juga memperluas relasi, memajukan pariwisata Jawa Timur, sekaligus membanggakan orang tuanya dengan meraih prestasi, belum lama ini.

“Saya juga ingin menjadi wanita yang bisa menginspirasi dan memotivasi para pemuda di Indonesia agar lebih aware tentang pentingnya pengetahuan mengenai pariwisata hingga perilaku yang baik. Harapan saya nantinya bisa menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas,” lanjut mahasiswi yang akrab disapa ‘Diah’ itu.

Serangkaian tahapan dilalui oleh mahasiswi Program Sarjana Manajemen Udinus tersebut sebelum akhirnya ia berhasil meraih Juara 1 Raki Berbakat. Sebelum karantina dan Grand Final, selama 3 bulan ia belajar mengenai pariwisata, public speaking, hingga berlatih tanya jawab.

“Saat karantina, setiap peserta harus mengikuti beberapa tahapan. Dimulai dari  Tes English Conversation, Focus Group Discussion, Deep Interview, Presentasi Advokasi hingga Hastag Challenge,” jelasnya.

Gadis kelahiran 2003 itu sudah terbiasa mengikuti ajang serupa sejak dirinya berada di bangku SMA. Terbukti dari beberapa prestasi yang sudah dikantongi, seperti Juara 3 Putera Puteri Pendidikan se Jawa Timur 2021, Juara 2 Duta Lalu Lintas se Jawa Timur 2021, Juara 1 Diajeng Kabupaten Ngawi 2023, dan Juara Harapan II Fashion Show Batik Se Jatim dan Jateng 2024.

Brain, Beauty, Behavior

Diah juga aktif di dalam organisasi dan tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Udinus. Menurutnya hal utama yang selama ini ia asang yaitu 3B, yakni Brain, Beauty, Behavior. 

“Brain artinya kemampuan berpikir yang meliputi penguasaan wawasan dan pengetahuan. Beauty mengandung makna penampilan yang rupawan. Serta behavior dimaksudkan sikap yang baik, sopan, dan tulus,” terangnya.

“Memiliki attitude yang baik, kesopanan, unggah ungguh dam hati yang tulus merupakan salah satu faktor penting lain yang menjadi penilaian para dewan juri,” imbuh gadis yang hobi bernyanyi itu.

Ke depannya, pemilik akun instagram @diahhptr itu berharap dapat menginspirasi para wanita indonesia untuk mengembangkan value yang dimiliki dan menjalankan tugas sebagai Raki Jawa Timur. Yaitu mempromosikan pariwisata Jawa Timur, sehingga dapat berkontribusi dalam peningkatan ekonomi melalui sektor pariwisata.

“Pesan saya, jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan yang ada dan jangan takut untuk gagal, karena keberuntungan bisa datang kapan saja. Dengan memanfaatkan kesempatan yang ada maka akan m

“Jangan sia-siakan kesempatan dan takut gagal, karena kita tak tahu di mana keberuntungan menanti. Selagi sehat dan muda, ikuti kegiatan untuk berkembang diri. Setiap perjalanan memberi pelajaran, dan setiap pelajaran mengantarkan pada kesuksesan,” tutupnya. (Humas Udinus/Ika. Foto: Dok. Pribadi)