Semarang – Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) kenalkan sistem barunya Aplikasi Penomoran Ijazah dan Sertifikat Profesi Nasional (PISN). Dalam upaya kenalkan aplikasi tersebut, sosialisasi dilakukan kepada seluruh perwakilan Perguruan Tinggi di Indonesia.

Sosialisasi tersebut termasuk kepada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dibawahi oleh LLDikti Wilayah VI Jateng. Pada kegiatan itu, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dipercaya menjadi tuan rumah, pada Selasa (02/10/2024).

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala LLDikti Wilayah VI Jateng, Dr. Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H., serta Rektor Udinus yang diwakili oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, M.M. Serta arahan dari Direktur Pembelajaran dan. Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T., yang hadir secara daring melalui zoom meeting.

Dalam penjelasannya, Prof. Kusumawardani menjelaskan bahwa PISN merupakan inovasi baru yang menggantikan sistem penomoran ijazah terdahulunya. Perubahan itu ditujukan untuk mempermudah monitoring akademik mahasiswa, mulai dari registrasi hingga lulus.

“Sistem ini akan terintegrasi juga dengan Pelaporan Data Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) sehingga lebih akurat. Semua penomoran ijazah mahasiswa akan tercatat jelas dan tidak ada data yang terlewat ataupun sama dengan mahasiswa lain,” terangnya.

Menambahkan penjelasan tersebut, Kepala LLDikti Wilayah VI Jateng menyampaikan bahwa sistem ini akan memberikan kepastian hukum kepada ijazah milik mahasiswa. Hal itu dilakukan mengingat maraknya permasalahan ijazah palsu yang akhir-akhir ini sering muncul.

“Kami dari LLDikti tentu mendukung penuh adanya pembaruan sistem ini. Ijazah yang dimiliki oleh mahasiswa yang sudah menempuh studi akan lebih sah dan terdaftar di sistem untuk diverifikasi,” tegas Dr. Bhimo.

Sementara itu, Wakil Rektor III Udinus juga menyambut baik adanya sosialisasi PISN untuk seluruh PTS di Jateng. Menurutnya sistem itu memang bermanfaat untuk bisa memastikan keabsahan ijazah.

“Udinus sangat mendukung program ini dan kami senang kembali menjadi tuan rumah  dan dipercaya oleh LLDikti Wilayah VI Jateng dalam melakukan kegiatan serupa,” ujarnya.

Pada kegiatan sosialisasi, seluruh PTS yang hadir diberikan materi oleh narasumber dari Belmawa, yakni Danny Prima Kresnala, dan Rifqi A’zhom Muta’allimin. Kegiatan sosialisasi PISN ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih dalam bagi seluruh perguruan tinggi di Jawa Tengah agar data akademik mahasiswa lebih terintegrasi, bersih, dan akurat. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)