PROGRAM STUDI
Teknik Informatika – D3
SAMBUTAN
Ketua Program Studi Teknik Informatika – D3
DR. FIKRI BUDIMAN M.Kom
Selamat datang di Program Diploma – Informatika Fakultas Ilmu Komputer – Universitas Dian Nuswantoro Informatika adalah disiplin ilmu yang sangat dinamis, menarik, dan menantang. Komputer merupakan bagian integral dari setiap aspek kehidupan masyarakat dan modern yang membuat bidang ilmu ini berkembang dan berubah secara terus menerus dan cepat.
Sebagai mahasiswa di Program ini, Anda akan dihadapkan pada pembelajaran inspirasional berkualitas dengan dosen yang bersemangat mengembangkan dan menyampaikan pengajaran, tetap menjadi yang terdepan dalam mengembangkan metode pengajaran, pembelajaran dan penilaian yang inovatif dan secara konsisten menggunakan teknologi termasuk teknologi pembelajaran yang baik untuk kelas kegiatan tetapi juga untuk kegiatan belajar di luar batas kelas sebagai salah satu cara keberhasilan dalam menunjang belajar siswa. Pengajaran dan pembelajaran diinformasikan oleh kebutuhan industri dan dimensi industri praktis yang terintegrasi ke dalam banyak kegiatan siswa.
Siswa akan diberikan kesempatan untuk mengerjakan masalah dunia nyata yang disediakan oleh industri, untuk diajar oleh para profesional TI dan mengunjungi lingkungan bisnis yang mengembangkan dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Kami sangat bangga dengan lulusan kami dan prestasi mereka; mereka adalah profesional TI yang sangat terampil terutama di bidang pemrograman web dan seluler, mengejar karir yang sukses dalam berbagai konteks di pasar tenaga kerja global yang kompetitif. Kepada semua siswa kami, kami di Program Diploma Informatika ingin mengucapkan pengalaman belajar yang menginspirasi, produktif, dan sukses.
Ketua Program Studi D3 – Teknik Informatika
Dr. Fikri Budiman, M.Kom
VISI & MISI
Program Studi Teknik Informatika – D3
Visi
“Menjadi Pilihan Utama Dalam Pendidikan Vokasi Bidang Teknologi Informasi, dan Mampu Menghasilkan Lulusan Dengan Keahlian Teknologi Web dan Mobile yang Cakap Dalam Bidang Technopreneurship”.
Misi
Tuntutan dosen profesional yang bermutu dan Ahli dalam bidang kompetensi yang diajarkan, dan pengembangkan riset sesuai dengan kebutuhan keilmuan pada program studi.
Menyelenggarakan pendidikan berbasis teknologi informasi yang profesional dan bermutu yang cakap dalam bidang technopreuner, dan meningkatkan kompetensi mahasiswa dengan sertifikasi uji kompetensi pada bidang web dan mobile programming.
Menyelengarakan kerjasama dengan berbagai lembaga pihak luar, sehingga dapat mengontrol penyelengaraan pendidikan yang selalu mutakhir dan dapat diterapkan secara tepat guna.
AKREDITASI
Program Studi Teknik Informatika – D3
PROFIL LULUSAN
Program Studi Teknik Informatika – D3
Mobile Apps Developer
profesional yang bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan memelihara aplikasi yang dirancang khusus untuk berjalan pada perangkat mobile, seperti ponsel cerdas (smartphones) dan tablet. Mereka menggunakan bahasa pemrograman dan alat pengembangan yang sesuai untuk platform tertentu, seperti Android (menggunakan Java atau Kotlin), iOS (menggunakan Swift atau Objective-C), atau bahkan pengembangan lintas platform dengan alat seperti React Native atau Flutter.
Web Administrator
profesional yang bertanggung jawab untuk mengelola dan menjaga infrastruktur teknis serta konten suatu situs web. Tugas-tugas seorang web administrator mencakup: Pengelolaan Server, Konfigurasi dan Pemeliharaan Perangkat Lunak, Keamanan, Pemulihan Bencana, Manajemen Konten, Pemantauan Lalu Lintas, Dukungan Pengguna.
Web Developer
profesional yang bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan memelihara situs web. Mereka menggunakan bahasa pemrograman, teknologi web, dan alat pengembangan untuk membuat tampilan dan fungsi yang sesuai dengan kebutuhan klien atau proyek. Tugas-tugas seorang web developer mencakup: Pengembangan Front-End, Pengembangan Back-End, dll.
Web Designer
Profesional yang bertanggung jawab untuk merancang tampilan visual dari sebuah situs web. Mereka fokus pada aspek-aspek estetika dan tampilan dari situs web tersebut. Tugas-tugas seorang web designer mencakup: Desain Antarmuka Pengguna (UI), User Experience (UX) Design, Dll.
Database Administrator
Profesional IT yang bertanggung jawab untuk mengelola dan memelihara basis data (database) sebuah organisasi. Tugas-tugas seorang DBA mencakup: Desain Basis Data, Instalasi dan Konfigurasi, Keamanan Data, Dll.
Network Engineer
Profesional yang bertanggung jawab untuk merancang, mengelola, dan memelihara jaringan komputer dalam suatu organisasi. Tugas-tugas seorang network engineer mencakup: Desain Jaringan, Konfigurasi dan Pemasangan Perangkat Jaringan, Keamanan Jaringan, Dll.
Technopreneur
Wirausaha atau pengusaha yang fokus pada pengembangan dan penerapan teknologi dalam bisnisnya. Mereka menggabungkan visi kewirausahaan dengan pemahaman mendalam tentang teknologi untuk menciptakan produk, layanan, atau solusi inovatif yang dapat menghasilkan nilai dan keuntungan dalam pasar. Technopreneur berperan dalam mengidentifikasi peluang bisnis yang didukung oleh teknologi, merancang strategi, dan mengelola perusahaan teknologi untuk mencapai kesuksesan. Mereka seringkali berperan sebagai inovator yang membawa perubahan signifikan dalam industri mereka dengan memanfaatkan teknologi sebagai fondasi bisnis mereka.
AKTIVITAS MAHASISWA
Program Studi Teknik Informatika – D3
Kurikulum
Program Studi Teknik Informatika – D3
No | Kode | Mata Kuliah | SKS | Semester |
---|---|---|---|---|
1 | U201704 | PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI | 2 | 1 |
2 | AF201704 | Dasar Dasar Komputasi | 2 | 1 |
3 | A22.63523 | Interpersonal Skill | 0 | 1 |
4 | N201702 | Bahasa Inggris | 2 | 1 |
5 | A22.63101 | Sistem Operasi dan Jaringan Komputer | 4 | 1 |
6 | A22.63102 | Algoritma dan Struktur Data | 3 | 1 |
7 | A22.63103 | Logika Matematika | 3 | 1 |
8 | A22.63104 | Dasar Pemrograman | 4 | 1 |
9 | A22.63105 | Proyek Aplikasi Web 1 | 4 | 1 |
10 | A22.63210 | Sistem Informasi Geografis | 4 | 2 |
11 | A22.63206 | Multimedia | 4 | 2 |
12 | A22.63208 | Analisa dan Perancangan Perangkat Lunak | 3 | 2 |
13 | A22.63211 | Proyek Aplikasi Web II | 4 | 2 |
14 | A22.63209 | Interaksi Manusia dan Komputer | 2 | 2 |
15 | N201701 | Bahasa Indonesia | 2 | 2 |
16 | A22.63207 | Basis Data | 4 | 2 |
17 | N2017056 | PENDIDIKAN AGAMA KONG HU CHU | 2 | 3 |
18 | N2017051 | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM | 2 | 3 |
19 | N2017052 | PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK | 2 | 3 |
20 | A22.63312 | Proyek Aplikasi Mobile I | 4 | 3 |
21 | N2017054 | PENDIDIKAN AGAMA BUDHA | 2 | 3 |
22 | A22.63314 | Pemrograman Berorientasi Objek | 4 | 3 |
23 | N2017055 | PENDIDIKAN AGAMA HINDU | 2 | 3 |
24 | A22.63316 | Sertifikasi I | 2 | 3 |
25 | N2017053 | PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN | 2 | 3 |
26 | A22.63313 | Basis Data Lanjut | 4 | 3 |
27 | A22.63315 | Sistem e-commerce Industri | 4 | 3 |
28 | U201701 | Dasar Kewirausahaan | 2 | 3 |
29 | N201706 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 3 |
30 | AF201702 | Literasi Informasi | 2 | 4 |
31 | AF201703 | TECHNOPRENEURSHIP | 2 | 4 |
32 | A22.53415 | SERTIFIKASI I (PROYEK I) | 0 | 4 |
33 | A22.63418 | Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak | 2 | 4 |
34 | A22.63420 | Proyek Startup | 4 | 4 |
35 | A22.63417 | Proyek Aplikasi Mobile II | 4 | 4 |
36 | N201707 | PENDIDIKAN PANCASILA | 2 | 4 |
37 | A22.63421 | Sertifikasi II | 2 | 4 |
38 | A22.63419 | Etika Profesi Teknologi Informasi | 2 | 4 |
39 | A22.63522 | Interpersonal Skill | 2 | 5 |
40 | A22.53514 | INTERPERSONAL SKILL INDUSTRI | 2 | 5 |
41 | A22.53517 | KEAMANAN SISTEM INDUSTRI | 2 | 5 |
42 | A22.53414 | KULIAH KERJA INDUSTRI 1 | 4 | 5 |
43 | A22.63524 | Kuliah Kerja Industri I | 4 | 5 |
44 | A22.53602 | PROYEK AKHIR | 4 | 6 |
45 | A22.63626 | Kuliah Kerja Industri II | 4 | 6 |
46 | A22.63627 | Proyek Akhir | 6 | 6 |
47 | A22.63625 | Teknik Presentasi Industri | 2 | 6 |
48 | A22.53511 | SERTIFIKASI II (PROYEK II) | 0 | 6 |
49 | A22.53610 | TEKNIK PRESENTASI INDUSTRI | 2 | 6 |
50 | A22.53513 | KULIAH KERJA INDUSTRI 2 | 4 | 6 |