Sejak Senin (17/7) kemarin, kampus Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mulai dipadati calon mahasiswa baru dari berbagai daerah. Kedatangan calon mahasiswa ke kampus adalah untuk mengikuti matrikulasi.

 

Matrikulasi merupakan sebuah program penyetaraan atau pengenalan kampus yang dikhususkan untuk calon mahasiswa baru Udinus. Peserta matrikulasi adalah mereka yang mendaftar pada gelombang 1 C dan registrasi sampai tanggal (10/7). Achmad Wahid Kurniawan S.Si, M.Kom Kepala Biro Akademik (BIAK) Udinus mengatakan matrikulasi ini bersifat wajib diikuti oleh calon mahasiswa baru. “Karena Udinus adalah kampus berbasis IT, mata kuliah yang diajarkan selama matrikulasi adalah Pengantar Teknologi Informasi (PTI).”

 

Setiap program studi akan menyesuaikan mata kuliah PTI tersebut sesuai kebutuhan. Di Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom), PTI mendalami tentang dunia teknologi informasi yang mencakup kajian teknologi informasi dan komunikasi, teknologi manajemen informasi dan lain sebagainya. Sedangkan Fakultas lain diimprovisasi sesuai dengan kebutuhan program studi masing-masing. “Di TI mungkin ada sedikit perkenalan programing, di prodi lain menyesuaikan,” tambah Wahid.

 

PTI dipilih sebagai mata kuliah dalam matrikulasi ini karena akan membantu calon mahasiswa mengikuti kuliah selama menempuh masa studi nanti. Hampir di semua mata kuliah memerlukan pengetahuan tentang Teknologi Informasi, hal ini tentu akan sangat meningkatkan kompetensi penunjang Teknologi Informasi yang merupakan ciri khas Udinus. Matrikulasi ini akan berlangsung selama dua minggu hingga 1 Agustus mendatang. Untuk informasi lebih lanjut dapat diakses di http://dinus.org/matrikulasi dan menghubungi koordinator matrikulasi masing-masing fakultas. (*Humas/mey)

 

 

 

 

MATRIKULASI : Para calon mahasiswa baru Udinus mengikuti Matrikulasi sejak (17/7) hingga (1/8) mendatang yang dipusatkan di Gedung D lantai 2 dan 3. Mata kuliah yang diajarkan selama matrikulasi adalah Pengantar Teknologi Informasi (PTI). Foto : Nining Sekar.