Cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan visual kreatif menuntut mahasiswa terus menghasilkan karya. Mahasiswa diharuskan menciptakan ide-ide kreatif yang diwujudkan dengan teknologi terkini ke dalam bentuk visual.

29 Stand pameran Tugas Akhir (TA) mahasiswa S1 Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) memadati galeri DKV gedung H lantai 1.

Pameran yang digelar pada Jumat s/d Sabtu (28-29/7), mengangkat tema Crea(c)tion “Karya itu aksi bukan hanya imajinasi”. Dari tema ini ketua pameran menjelaskan bahwa pameran TA tersebut merupakan wadah untuk menuangkan imajinasi mahasiswa. “Anak muda kalo punya ide yang bagus jangan cuman jadi ide, tapi harus dituangkan jadi karya,” jelas ketua pameran sekaligus peserta Alfira Putri Hapsari.

Dalam pameran tersebut terbagi menjadi beberapa kategori yakni, media promosi, branding, game, iklan layanan masyarakat, dan pengkajian skripsi. Crea(c)tion diikuti oleh mahasiswa yang menempuh TA angkatan 2011 hingga 2013. DKV Udinus memiliki empat jalur peminatan bagi mahasiswa yaitu Desain Grafis, Advertising, Multimedia, Game dan Animasi. Masing-masing peminatan inilah yang akan menentukan pemilihan kategori pameran. “Bagi mahasiswa yang memilih Kuliah Kerja Industri (KKI), tidak harus ikut pameran TA karena KKI sudah mewakili tugas akhir,” tambah Alfi sapaan akrab Alfira.

 

Salah satu peserta pameran, Fikri Adiluhur Noor Hidayat, memilih peminatan Game. Ia memamerkan game pendidikan untuk anak usia dini tentang kepedulian lingkungan. “Melalui game ini saya ingin menumbuhkan sifat kepedulian lingkungan pada anak usia dini melalui game smartphone,” ujar Fikri. Ia menyebutkan ada tiga jenis permainan dalam game tersebut. “Ada jenis permainan di game “Yuk Benahi” yaitu Puzzle, Side Scrolling dan Arcade,” jelas mahasiswa angkatan 2013 tersebut. (*Humas/mey)

 

 

 

PAMERAN : Beberapa pengunjung sedang mencoba game “Yuk Benahi” di pameran Crea(c)tion milik mahasiswa DKV, yang digelar pada Jumat-Sabtu (28-29/7) di galeri DKV gedung H lantai 1 Udinus. Foto : Meyta Adelianah.