Osaka International University (OIU) Jepang meresmikan  kantor Semarang Liaison Officer (LO) di gedung H lantai 2 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Peresmian kantor OIU dilakukan langsung oleh Wakil Rektor dari OIU Senin (04/09) 2017 kemarin.
 
 
 
Kerjasama ini terjalin melalui Biro Kerjasama Udinus bagian internasional, yakni Kantor Urusan Internasional (KUI). OIU menawarkan program pertukaran informasi dan pembekalan kemampuan bahasa Jepang sekaligus pembekalan budayanya. Kantor perwakilan OIU ini nantinya akan berkomunikasi dan berkoordinasi kegiatan antar lembaga untuk menghasilkan luaran atau program baru. LO inilah yang akan menghubungkan Udinus dengan OIU selema kontrak kerjasama kedepan. “Setiap tahun Udinus bisa mengirim 2 mahasiswanya ke OIU ataupun sebaliknya, OIU akan mengirim 2 sampai 5 orang untuk belajar di Udinus,” jelas Shojii Ito Wakil Rektor dari OIU.
 
 
 
Mahasiswa pertukaran dari Jepang tersebut akan memberikan presentasi budaya Indonesia-Jepang bersama mahasiswa Udinus ke beberapa sekolah di Semarang seperti SMA 5 dan SMA Nasima Semarang. Selain itu, kemarin (4/9) Shojii Ito juga memberikan pidato sambutan dihadapan 3573 mahasiswa baru dalam pembukaan Dinus Inside 2017 yang berlangsung selama 4-6 September mendatang. Dinus Inside merupakan acara penyambutan dan orientasi mahasiswa baru yang ada di Udinus. 
 
 
 
Di Indonesia, OIU memiliki 10 perwakilan Liaison Officer  dan Udinus dinilai paling intensif dan aktif. OIU memilih Udinus karena memiliki program studi yang berpeluang masuk ke Osaka. Letak Udinus yang berada di pusat kota di Jawa Tengah juga sangat strategis untuk merambah pertukaran informasi yang lebih luas. Tidak hanya di Udinus, Kantor perwakilan OIU ini akan menyosialisasikan budaya Jepang di berbagai sekolah dan institusi pendidikan. “Begitu banyak peluang yang Udinus sediakan untuk mahasiswa, jadi silakan dimanfaatkan semaksimal mungkin,” tutup Dr Pulung Nurtantio Andono, ST, M.Kom selaku Wakil Rektor IV bidang Riset dan Kerjasama. (*Humas/mey)
 
 
 
 
 
PERESMIAN : Wakil Rektor IV (kiri) bersama Rektor Udinus (tengah) mendampingi Shojii Ito, Wakil Rektor OIU (kanan) yang akan meresmikan kantor perwakilan OIU di Udinus. Foto : Nining Sekar