Ada satu hal istimewa dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer (Aptikom) 2017 yang diselenggarakan di Hotel Horison Jayapura Papua (2-5/11) November lalu. Keistimewaan tersebut adalah pemberian beasiswa studi lanjut ke Perguruan Tinggi bagi putra-putri Indonesia khususnya untuk putra-putri tanah Papua.
 
 
 
“Peningkatan Kompetensi SDM TIK dan Daya Saing Daerah di Era Global” adalah tema yang digunakan dalam Rakornas Aptikom tahun ini. Dalam Rakornas tersebut Sekretaris Jenderal (Sekjen) Aptikom Prof.Dr. Achmad Benny Mutiara Q. N. menyampaikan bahwa program tersebut di inspirasi oleh Rektor Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Prof., Dr., Ir Edi Noersasongko M.Kom. “Syukur Alhamdulillah sampai saat ini sudah ada 11 Perguruan Tinggi yang bergabung dengan jumlah beasiswa 60 orang lebih” tutur Achmad Benny. Ke-11 Perguruan Tinggi yang sudah menyiapkan beasiswanya adalah Perguruan Tinggi Raharja, Stikom Bali, Undip Semarang, Udinus Semarang, STT Nusa Putra Sukabumi, BSI Group, Universitas Gunadarma, STMIK Mataram, STIMIK Bina Insani, STIMIK Mikroskill Medan dan STIKI Malang. Masing-masing Perguruan Tinggi memberikan beasiswa bervariasi mulai dari D3, D4, S1 maupun Magister dalam rumpun ilmu Informatika dan Komputer.
 
 
 
Rektor Udinus mengatakan pemberian beasiswa pada siswa-siswi berprestasi sudah menjadi hal biasa di kampusnya. “Setiap semester, ketua-ketua Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) kami berikan beasiswa bebas uang semester selama menjabat” jelasnya. Selain beasiswa Ketua, Udinus juga memberikan beasiswa bagi mahasiswanya yang mengharumkan kampus ditingkat regional, nasional maupun internasional berupa bebas uang semester selama satu semester bahkan hingga lulus bergantung pada tingkat prestasi yang dihasilkan. “Hal ini salah satu upaya kami agar anak didik kami terstimulasi untuk berprestasi dan berkarya.
 
 
 
Dalam kesempatan yang sama diselenggarakan pula Seminar Nasional Aptikom (Semnastikom) dan The 2nd International Conference on Informatics and Computing (ICIC) 2017. (*Humas/mey)