SEMARANG SMART CITY DISOSIALISASIKAN DI KAMPUS IT UDINUS


SEMARANG SMART CITY DISOSIALISASIKAN DI KAMPUS IT UDINUS

Walikota Semarang bersama pemerintah Kota Semarang menggagas Smart City untuk Semarang yang lebih baik. Sosialisasi dilakukan di beberapa daerah termasuk kampus, salah satunya adalah Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)


Nana Storada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Semarang melakukan sosialisasi di kampus Udinus pada Rabu (20/12) lalu. Sosialisasi yang dilakukan di gedung E lantai 3 kampus Udinus jalan Nakula 1 ini diikuti oleh ratusan mahasiswa. Nana mengatakan seharusnya jadwal sosialisasi ini dimulai pada Januari tahun depan, hanya saja beberapa kampus dan tempat sudah diberikan sosialisasi terlebih dahulu. Smart City bukanlah terobosan baru Semarang, sebab kota Semarang sudah me-launching-nya sejak tahun 2013 lalu. “Pemerintah Kota Semarang sudah me-launching Semarang Smart City sejak tahun 2013, hanya saja sekarang kita baru sosialisasi besar-besaran,” jelas Nana.

Ada banyak instansi yang digandeng pemerintah kota dalam mewujudkan Semarang Smart City, Udinus adalah salah satunya. Ada beberapa aplikasi milik pemerintah kota Semarang yang dibantu pembuatannya oleh Dinustek.


Dalam kesempatan tersebut, Nana menjelaskan secara detail mengenai Smart City TIK maupun non-TIK. Pemberlakuan jalan satu arah dibeberapa wilayah, branding kampung pelangi, dan pembuatan taman kasmaran adalah contoh Smart City non-TIK. Ada beberapa bidang yang menjadi konsen program tersebut yaitu, smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart environment. “Seluk beluk kota Semarang dapat di akses melalui www.smartcity.semarangkita.co.id. Di dalamnya pengunjung dapat mengakses data dari beberapa instansi pemerintahan di menu opendata ke-6 konsen Smart City tersebut.


Dekan Fakultas Ilmu Komputer Udinus berharap dengan adanya program Semarang Smart City  tersebut, mahasiswanya bisa memiliki wadah untuk turut andil berkarya di dalamnya. “Kalau kalian bisa melihat dengan jeli, sebetulnya program-program pemerintah berbasis IT ini bisa menjadi peluang untuk kalian” ucap Dr. Drs. Abdul Syukur, MM dalam sambutannya membuka kuliah umum tersebut. (*Humas/mey)


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-2)