Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) akan resmi membuka ajang pengembangan bakat siswa Dinus Festival 2018 pada Selasa (23/01). Namun begitu, beberapa lomba sudah dilaksanakan sebelum peresmian ajang tersebut seperti Lomba Pasikbra dan Futsal.

 

Salah satu tangkai lomba dengan antusiasme cukup tinggi adalah Paskibra untuk SMK/SMA Se-Jawa Tengah yang digelar oleh Paskibra Kampus Udinus (Paskibraku). Tangkai lomba ini meraup 25 tim dari berbagai sekolah di Jawa Tengah.  “Tangkai lomba Paskibraku kali ini mengalami lonjakan peserta. Kalau tahun sebelumnya ada 13 pangkalan yang ikut, tahun ini sebanyak 25 pangkalan ikut memeriahkan lomba ini” tutur Rangga Pratama Aditia Nugraha ketua Paskibraku Udinus. Kompetisi baris-berbaris yang menonjolkan kekompakan dan kedisiplinan ini memukau setiap penonton yang menyaksikan di halaman Gedung G kampus Udinus Imam Bonjol, Minggu (21/01) lalu.. Setiap tim menunjukkan gerakan demi gerakan Peraturan Baris-Berbaris (PBB), variasi dan formasi terbaik yang dikomando oleh komandan peleton masing-masing sekolah.

 

Paskibraku mengundang Resimen Induk Kodam (Rindam) IV Diponegoro Magelang sebagai juri lapangan. Juri menilai kreatifitas, kekompakan, semangat, estetika, dan tingkat kesulitan gerakan tiap tim. Selain itu, kerapian dan kesopanan kostum juga dinilai oleh juri dari Udinus.

 

SMA N 2 Ungaran berhasil menjadi juara umum di tangkai lomba Paskibra ini. Juara 1 di tempati oleh SMA N 2 Ungaran, juara 2 dari SMA N 6 Semarang, dan juara 3 dari SMK N 11 Semarang. Sedangkan juara harapan 1 diisi oleh SMK Bina Nusantara, juara harapan 2 dari SMK N 7 Semarang, dan juara harapan 3 dari SMA N 10 Semarang. Juara madya 1 sampai 3 diperoleh SMA N 8 Semarang, SMK N 5 Semarang, dan SMK N 2 Semarang. Juara PBB 1  sampai 3 ditempati oleh SMA N 2 Ungaran, SMA N 6 Semarang, SMA N 10 Semarang. Juara variasi formasi 1 diraih oleh SMA N 2 Ungaran, juara variasi formasi 2 diraih oleh SMK N 7 Semarang dan juara variasi formasi 3 diraih oleh SMA N 6 Semarang. Selain itu ada juara Komandan Peleon (Danton) 1 yakni SMA N 2 Ungaran, juara Danton 2 dari SMA N 10 Semarang, dan juara Danton 3 diraih SMA N 6 Semarang. Best costume di sabet SMA N 6 Semarang.

 

Selain Pakibra, lomba yang sudah menelurkan pemenang adalah Futsal. Dalam tangkai lomba ini SMA Istindo menjadi juara 1, SMA N 11 Semarang meraih juara 2 dan SMA 14 Semarang menjadi juara 3. (*Humas/mey)