“Memiliki daya juang yang kuat, dan mau bangkit lagi setelah gagal, itu salah satu kunci menjadi pengusaha,” ungkap Hamzah Izullhaq, CEO Hamasa Indonesia Corp dalam paparannya saat mengisi Seminar Akuntansi Nasional 2018.
 
Seminar itu digelar Jumat kemarin (11/5) di aula gedung E lantai 3 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.
 
 
 
Hamzah mengungkapkan dia merintis berbagai macam usaha, mulai dari menjual makanan hingga bisnis bimbingan belajar, semua pernah dia jalankan. Dengan usia yang masih muda, duduk di bangku SMA, Hamzah memulai bisnisnya dan bertekad menjadi pengusaha. Mental yang kuat juga menjadi modal dasar dalam mengarungi dunia kewirausahaan. Hamzah mengungkapkan, bahwa jatuh bangun trial error suatu usaha pasti ada. Namun mental yang kuat membuat wirausahawan tidak gentar untuk terus mencoba. Hingga saat sudah menemukan jenis usaha yang sesuai, wirausahawan harus piawai dalam mengatur cashflow. “Selain itu, para calon pengusaha seperti kalian ini harus berani “jual diri”. Maksudnya mengenali potensi diri sendiri, sehingga potensi tersebut dapat dijadikan modal utama untuk membesarkan usaha yang dimiliki,” tambah Hamzah.
 
 
 
Kemauan keras dari Hamzah inilah yang ingin ia tularkan ke ratusan mahasiswa peserta seminar yang bertema “Peran Akuntan Yang Berintegritas Dalam Membangun Bisnis Perusahaan.” Bersama Hamzah, dihadirkan pula narasumber lain dar Pengurus Pusat Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Kompartmen Akuntan Pendidik Seksi CSR & Corporate Governance, Prof. Dr. Andreas Joko. Seminar yang dihelat oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Udinus ini merupakan program kerja tahunan mereka dalam mengasah kepiawaian mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan.
 
 
 
“Kegiatan mahasiswa memang selalu dipantau oleh bagian Kemahasiswaan Udinus, dan disesuaikan dengan kebutuhan maupun bidang keilmuan mereka. Seminar nasional yang diadakan mahasiswa akuntansi ini ingin menunjukkan sosok yang dapat diteladani dalam bidang berwirausaha,” jelas Agus Triyono, MSi selaku Kahumas Udinus. (*Humas udinus/ning/AT. Foto : Nining Sekar)