KKN UDINUS DIGITALISASIKAN KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG


KKN UDINUS DIGITALISASIKAN KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) terus meningkatkan kesejahteraan di masyarakat luas melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. KKN Udinus yang dilaksanakan pada Sabtu-Minggu (12-13/5/2018) ini telah bermanfaat dengan menggelar berbagai kegiatan positif, satu diantaranya sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di desa Mendongan.

 

Selain di desa Mendongan, Udinus juga melakukan KKN di 4 desa lainnya yakni Desa Bumen, Keseneng, Piyanggang dan Kenawi. Sebelum melakukan KKN, para mahasiswa mengikuti pelatihan Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa - Tingkat Manajemen (LKMM-TM) di aula gedung H lantai 7 Universitas Dian Nuswantoro.

 

KKN Udinus sebagai langkah untuk menjalankan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat. Sekitar 130 mahasiswa yang terdiri dari  55 dari organisasi kemahasiswaan, 30 dari anggota legislatif kemahasiswaan dan sisanya dari mahasiswa bidikmisi mengikuti kegiatan tersebut.

 

“KKN Udinus yang digelar kali ini menjadi kegiatan ketiga dan berjalan sukses. Dari kegiatan pembuatan jamban, pemasangan plang jalan , hingga pelatihan warga kami gelar untuk melatih kesadaran masyarakat terhadap kesehatan,” ujar Kepala Biro Kemahasiswaan Udinus sekaligus sebaai koordinator KKN keseluruhan, Rindra Yusianto S.Kom, MT pada Senin (14/5/2018)

 

Menurutnya dalam mengoptimalkan wisata di daerah Kabupaten Semarang, Udinus telah membuatkan website obyek wisata curug 7 Bidadari yang dikelola langsung oleh pemerintah kabupaten tersebut. Selain itu, juga meyerahkan berbagai peralatan yang mampu menunjang pelatihan yang dilakukan para mahasiswa. Selain itu Udinus juga konsen terhadap pendidikan dengan menyerahkan ratusan buku dari pengetahuan hingga bacaan anak.

 

“Kami sebagai universitas berbasis IT sangat konsen terhadap digitalisasi informasi mengenai potensi pariwisata di desa Keseneng dan Kenawi. Website menjadi kegiatan unggulan dari kami. Selain itu Udinus juga memberikan tong sampah, sekitar 10 unit dan 20 unit plang jalan,” tuturnya.

 

Ia mengungkapkan jika kegiatan KKN Udinus lebih mengarah kepada kualitas dan hasil yang didapatkan oleh masyarakat sesuai dengan target dari Udinus. KKN dapat dijadikan sebagai kegiatan mengimplementasikan ilmu yang didapatkan mahasiswa kepada masyarakat.

 

“KKN Udinus memang kami padatkan dan program-programnya juga sangat dioptimalkan supaya bermanafaat bagi masyarakat. KKN Udinus akan terus kami galakkan dan berharap kedepan bisa lebih luas dan mampu menghadirkan program-program bagus,” ungkapnya.

 

Kahumas Udinus, Agus Triyono, S.Sos, MSi menegaskan jika KKN yang ketiga dari Udinus sebagai kegiatan positif untuk menangkal pengaruh buruk yang didapatkan oleh mahasiswa.

 

“Melalui kegiatan positif mahasiswa bisa terhindar dari berbagai pengaruh buruk seperti radikalisme yang sekarang sedang marak dan kami fokuskan pada kegiatan pengabdian masyarakat,” tutupnya. (*Humas Udinus/alex/AT. Foto : Dok. BIMA)


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)