PERSIAPKAN MAHASISWANYA, KESMAS UDINUS ADAKAN KKL KE JATIM DAN LOMBOK


PERSIAPKAN MAHASISWANYA, KESMAS UDINUS ADAKAN KKL KE JATIM DAN LOMBOK

Untuk memantapkan kompetensi mahasiswa, Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) tidak hanya membekali mahasiswanya dengan ilmu di bangku perkuliahan saja. Namun juga mengajak mahasiswanya terjun langsung ke dunia industri. Belum lama ini 36 mahasiswa semester 6 dari prodi Kesehatan Masyarakat dengan peminatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) melakukan Kunjungan Kerja Lapangan (KKL) ke Jawa Timur dan Lombok. “Tujuan kegiatan ini adalah mahasiswa memperoleh gambaran secara langsung di perusahaan. Dapat mengetahui peran dan kerja seorang lulusan K3, dalam mengelola keselamatan di tempat kerja. Serta mampu mengimplementasi antara teori di kampus dengan di tempat kerja,” papar Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat Dr. MG. Catur Yuantari, S.KM, M.Kes.

 

KKL ini merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa semester 6 atau 7, sedangkan KKL untuk peminatan K3 ini dilaksanakan di semester 6. Perusahaan yang menjadi lokasi kegiatan ini yaitu PT.  Adhi Persada Beton Mojokerto dan PT. Yakult Mojokerja di Jawa Timur serta PT. Autore Pemberdayaan Mutiara di Lombok. Tiga perusahaan tersebut dipilih karena merupakan industri yang keberadaan unit K3 nya sudah berjalan dengan baik. Sehingga mahasiswa dapat melihat langsung implementasi dari mata kuliah Manajemen Resiko dan Tanggap Darurat, SMK3, Toksikologi Industri, dan  Ergonomi.
“Setelah mengikuti KKL ini mahasiswa diwajibkan membuat laporan serta mempresentasikan hasil kunjungannya di mata kuliah Manajemen Risiko, Higiene Sanitasi, SMK3, dan Toksikologi Industri. Karena KKL merupakan integrasi dari beberapa mata kuliah,” tambah Yuantari.

 

Persaingan dunia industri yang makin berat membuat mahasiswa diminta tanggap dengan kebutuhn industri. “Kami berharap agar kunjungan lapangan ini dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih terpacu semangatnya menambah kompetensi diri hingga lulus nanti,” ungkap Kahumas Udinus Agus Triyono, MSi. (*Humas Udinus/AT. Foto : Dok. FKes)


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-2)