Untuk mendukung sistem pembelajaran secara daring, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) melalui Fakultas Ilmu Komputer (FIK) akan segera menerapkan pendidikan jarak jauh dengan menggelar Workshop Media Pembelajaran Kuliah Online (Kulino).

 

Dengan akreditasi institusi A, menjadikan Udinus berlari semakin kencang dan mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Salah satunya dengan mengadakan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang di Udinus diberi nama Kulino atau Kuliah Online. Rabu (12/09/2018) kemarin, di ruang rapat dekanat FIK digelar pelatihan untuk 35 dosen FIK dari program studi yang terakreditasi A, yaitu Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Desain Komunikasi Visual. “Kegiatan ini dalam rangka memberikan pelatihan penggunaan learning manajemen system dan pembuatan materi ajar bagi para dosen yang akan mengampu kuliah online bagi mahasiswa yang berada di prodi-prodi tersebut. Kuliah online ini akan diterapkan setelah Ujian Tengah Semester ganjil ini,” ungkap Slamet Sudaryanto, M.Kom selaku koordinator PJJ.

 

Adapun mata kuliah yang akan di-online-kan antara lain Sistem Basis Data, PHP, Data Mining, Perencanaan dan Pengembangan Sistem Informasi, Konsep Sistem Informasi, dan Pemorograman Web. Para dosen yang mengampu mata kuliah tersebut diberikan pelatihan untuk membuat materi yang dapat dikemas dalam  bentuk tulisan, gambar, suara, maupun animasi. “Kulino ini dikemas dalam bentuk blended learning, dimana 50% pertemuan dengan tatap muka, dan 50% pertemuan melalui media online. Nantinya mahasiswa dapat mengaksesnya melalui komputer, tablet, maupun ponsel yang terkoneksi dengan internet dimanapun mereka berada,” tambah Slamet.

 

Diskusi-diskusi dalam kuliah online juga akan merepresentasikan kehadiran mahasiswa, sehingga yang aktif akan terrekam dalam sistem. “Kuliah online ini merupakan salah satu terobosan yang terus dikembangkan oleh FIK agar semakin banyak efektifitas yang dijalankan dalam perkuliahan di kampus Udinus,” ujar Kahumas Udinus Agus Triyono, M.Si. (*Humas Udinus/ning/AT/ Foto : Nining Sekar)