Job fair ke 21 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang diadakan oleh Udinus Career Center (UCC)  diikuti sekitar 6500 job seeker. Jumlah Job seeker tersebut berasal dari para alumni Udinus dan masyarakat umum yang melakukan pendaftaran melalui sistem online.

 

Kegiatan tersebut merupakan upaya Udinus untuk ikut andil dalam mengurangi tingkat penggangguran di Indonesia khususnya di Jawa Tengah. Job fair kali yang diselenggarakan pada 15-16 September 2018, merupakan job fair kedua yang diselenggarakan Udinus pada tahun 2018.

 

Kepala Pelayanan Alumni dan Karir Udinus, Andik Setyono, PhD mengatakan, Job Fair Udinus yang ke 21 diikuti oleh lebih dari 41 perusahaan yang telah memiliki kredibilitas. Berbagai perusahaan yang bergerak di bidang perbankan, teknologi informasi, retail, otomotif, perhotelan finance bahkan media akan meramaikan job fair tersebut.  “Berbagai lowongan pekerjaan dari berbagai posisi ditawarkan kepada para pengunjung job fair. Peserta dapat ikut secara gratis namun wajib mendaftar dahulu melalui website yang telah kami sediakan. Puluhan perusahaan membuka stand di lantai 3 gedung E Udinus dan ada juga stand bersama di lantai dasar,” katanya.

 

Melalui job fair ke 21, Udinus turut serta membantu pemerintah dalam mengurangi tingkat pengangguran di Jawa Tengah sekaligus sebagai sarana bagi para alumni Udinus untuk mencari pekerjaan yang sesuai minat bidang mereka. Selama dua hari kegiatan job fair berlangsung, job seeker terus mengalami peningkatan dan hingga akhir penutupan tercatat sekitar 6500 pendaftar. 

“Melalui Job fair ini kami ingin memfasilitasi para alumni Udinus supaya cepat bekerja. Job seeker pada kali ini membludak dan untuk menangani itu kami gunakan sistem buka tutup saat berada di pendaftaran. Hal itu agar job seeker jumlahnya ribuan yang berada di lantai tiga tetap merasa nyaman. Kalau dibandingkan job fair ke 20, ada peningkatan mencapai 1500 pendaftar,” tuturnya.

 

Ia mengungkapkan, saat ini kebutuhan perusahaan terhadap tenaga kerja semakin banyak hal itu dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus tumbuh dan berkembang secara pesat. “Era sekarang ekonomi terus mengeliat terlihat perusahaan – perusahaan yang membutuhkan banyak tenaga kerja baru. Udinus juga selalu memfasilitasi para lulusan Udinus agar mendapatkan pekerjaan satu diantaranya melalui job fair ini,” ungkapnya.

Selain itu, terdapat sekitar 15 tenda makanan, minuman dan kerajinan tangan juga turut meramaikan job fair kali ini.

 

Sementara itu, Kahumas Udinus Agus Triyono, MSi menuturkan Udinus melalui job fair akan menjadi jembatan penghubung antara pencari kerja dan perusahaan yang membutuhkan kerja. Menurutnya antusiasme job fair Udinus terus mengalami peningkatan. “Kami selalu memfasilitasi para alumni maupun masyarakat supaya pengangguran bisa berkurang dan juga menandakan job fair yang berkualitas dari segi perusahaan maupun sistem pendaftaran yang mudah. Masyarakat juga terlihat antusias mengikuti job fair Udinus ke 21 ini,” tutupnya. (*Humas Udinus/lex/AT/ Foto : Alex Devanda)