Berbagai cara dilakukan untuk memperkenalkan Perguruan Tinggi (PT) ke calon mahasiswa barunya. Namun akan lebih efektif jika para calon mahasiswa baru ini menjemput bola, dengan berkunjung langsung ke PT yang diidamkan. Satu diantaranya yang dilakukan oleh Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Magelang, berkunjung ke Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), universitas IT terbaik di Jawa Tengah.
 
Sekitar 30 siswa SMKN 3 Magelang yang didampingi oleh para pengajarnya berkunjung ke Udinus dalam rangka memperkenalkan PT yang nantinya dapat dijadikan pilihan utama saat lulus sekolah nanti. Kunjungan ke kampus yang dikenal dengan kampus biru tersebut merupakan kunjungan industri dan pendidikan, agar dapat membuka wawasan para siswa terhadap perkuliahan. Selain itu,  memberikan alternatif setelah lulus sekolah nanti. 
 
“Untuk itu kami memilih Udinus sebagai tempat kunjungan kami, yang merupakan kampus IT terbaik di Jawa Tengah dan telah telah terakrediatasi A bisa jadi pilihan bagi siswa kami yang ingin melanjutkan pendidikannya. Terlebih Udinus memiliki TVKU sebagai salah satu kebanggaan kampus ini,” papar Sri Rahayuningsih  selaku Ketua Kompetensi Keahlian Multimedia SMKN 3 Magelang.
 
Rombongan ini diajak Udinus untuk berkeliling ke laboratorium Komputer milik Udinus dan mengikuti proses produksi di TVKU, karena sesuai dengan jurusan multimedia yang dimiliki oleh sekolah tersebut. Siswa pun terlihat antusias mengikuti setiap penjelasan dari kru TVKU. Sebelum berkeliling ke TVKU, terlebih dahulu para siswa diberikan pengetahuan seputar Udinus di ruang G.2.5 yang berada di gedung G Udinus. 
 
“Tidak hanya para siswa, para guru yang ikut hadirpun antusias dengan kegiatan ini. Karena kami dapat melihat lebih detail proses produksi di dunia pertelevisian. Sehingga dapat diterapkan saat proses belajar mengajar nanti. Kami juga tahu alat-alat apa yang dibutuhkan dalam produksi acara,” tambahnya. 
 
Kahumas Udinus, Agus Triyono, S.Sos, Msi berharap agar para siswa dapat mengetahui secara detail segala program studi yang ada di Udinus. Menurutnya Udinus akna membuka pintu lebar-lebar terhadap kunjungan dari SMA maupun SMK manapun.
 
 “Pintu Udinus tentunya terbuka lebar untuk kunjungan serupa, karena kami akan lebih para calon mahasiswa ini dapat melihat lebih dekat kampus Udinus serta mempererat hubungan dengan pihak sekolah sendiri,” tutupnya. (Humas Udinus/AT/ Foto : Alex Devanda)