PEDULI THALASEMIA, UDINUS GELAR DONOR DARAH SERENTAK


PEDULI THALASEMIA, UDINUS GELAR DONOR DARAH SERENTAK

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)  Korps Suka Rela (KSR) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) terus meningkatkan solidaritas antar sesame dengan kembali mengadakan kegiatan donor darah. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang.  Diselenggarakan di dua tempat, yaitu gedung serbaguna bertempat di gedung H lantai 1 dan depan pintu masuk Gedung C.

Dalam kegiatan tersebut KSR Udinus melibatkan mahasiswa dan dosen yang ingin membantu sesama dalam memenuhi persediaan darah yang terus meningkat di Kota Semarang. Kegiatan donor darah yan diadakan oleh KSR Udinus dan PMI menjadi agenda rutin tiap semesternya di Udinus.
 
 
 
Ketua penyelenggara Donor Darah dari UKM KSR, Wisnu Ari Nugroho mengatakan jika kegiatan donor darah merupakan langkah KSR Udinus peduli terahdap penderita thalasemia di Kota Semarang yang tiap bulannya membutuhkan kantong darah sekaligus menambah stok darah di PMI. "Kesadaran masyarakat terhadap donor darah sudah meningkat dibandingkan sebelumnya. Kami ingin membantu masyarakat yang membutuhkan darah seperti penderita Thalasemia, yang seumur hidupnya membutuhkan transfusi darah," ujarnya pada Senin (17/12/2018)
 
 
 
Wisnu menambahkan  jika pihaknya terus mensosialisasikan mengenai donor darah kepada masyarakat melalui sosial media. Ia berharap agar kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan dilingkup kampus saja,  namun pihaknya menargetkan dapat melakukan kegiatan donor darah di jenjang Sekolah Menengah Atas. Jelasnya, banyak manfaat yang akan didapatkan oleh masyarakat yang melakukan donor darah. Menurutnya jika rutin dalam melakukan donor darah, akan membantu dalam memperlancar peredaran darah dan menurunkan resiko terkena serangan jantung.
 


 "Kami terus meningkatkan kepedulian mahasiswa melalui donor darah. Manfaat lain yang didapatkan yakni sel darah merah pendonor akan memiliki kualitas yang baik.  Karena saat donor darah maka sel darah merah akan berkurang dan kemudian sumsum tulang belakang pun akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan sel darah merah yang hilang. Dengan rutin melakukan donor darah menjadikan tubuh akan menstimulasi pembentukan darah baru yang segar. Selain itu juga akan memperpanjang usia,"  tambahnya.
 
 
 
Sementara itu, Kahumas Udinus, Agus Triyono S.,Sos , Msi berharap agar kegiatan donor darah terus digelar dan menjadi kegiatan positif untuk membantu sesame.
“Ini kegiatan yang bagus dan bermanfaat bagi kalangan mahasiswa dan menigkatkan rasa pedulian akan sesama,” tutupnya.(*Humas Udinus/lex/AT. Foto : alexander D)


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)