Penguasaan bahasa asing menjadi isu utama bagi mahasiswa jurusan Manajemen Perhotelan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Karena dengan penguasaan bahasa asing yang maksimal, mereka dapat mengambil peluang untuk bekerja di dunia industri khususnya perhotelan level lokal hingga internasional.

 

Hal tersebut dikemukakan oleh Murtaza Ali Alarakhia, Direktur Global Halal Solution dari Inggris. Murtaza, adalah chef yang telah melalang buana bekerja diberbagai industri perhotelan hingga penerbangan. Murtaza telah dipercaya berbagai hotel dan maskapai penerbangan untuk menjadi konsultan makanan halal di berbagai negara. Dalam industri perhotelan maupun penerbangan, saat seseorang menjadi frontliner maupun back-office penguasaan bahasa asing merupakan kualifikasi mutlak yang harus dimiliki. “Tidak hanya untuk mereka yang bekerja di level internasional saja, namun untuk industri perhotelan maupun penerbangan lokal, keahlian berbahasa asing terutama bahasa Inggris sangat mutlak harus dimiliki. Hal ini ini untuk meminimalisir kesalahan dalam melakukan pekerjaan,” jelas Murtaza di hadapan puluhan  mahasiswa Manajemen Perhotelan FIB yang mengikuti “Workshop Food and Beverage Business Opportunities Abroad” di gedung H lantai 1 Udinus pada Senin (17/11/2018).

 

Murtaza juga menceritakan berbagai pengalamannya malang melintang di industri tersebut selama lebih dari 10 tahun. Mahasiswa Manajemen Perhotelan juga banyak yang memberikan pertanyaan pada Murtaza untuk menggali ilmunya lebih dalam. “Kejujuran dan integritas harus menjadi pedoman dalam menekuni industri perhotelan. Karen ajika kita percaya diri, jujur dan punya integritas, pasti kita dapat meraih impian kita,” tambah Murtaza.

 

Menurut Kepala Program Studi Manajemen Perhotelan Setyo Prasiyanto Cahyono, SS, M.Pd workshop ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh prodinya. “Kami harap mahasiswa dapat bertemu langsung dengan pelaku perhotelan dan mendapatkan pelajaran berharga untuk nantinya terjun ke dunia industri,” jelas Setyo.

Mahasiswa Manajemen Perhotelan sendiri telah banyak yang melakukan praktek industri untuk memantapkan ilmu yang mereka di bangku perkuliahan, “Ini artinya dunia perhotelan telah mempercayai Manajemen Perhotelan Udinus sebagai mitra kerja mereka,” tutur Kahumas Udinus Agus Triyono, MSi. (*Humas Udinus/ning/AT/ Foto : Nining Sekar)