TINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA UDINUS MELALUI ACA AWARDS


TINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA UDINUS MELALUI ACA AWARDS

Annual Creative Advertising Awards (ACA Awards) kembali digelar dan kegiatan tersebut mengajarkan kepada peserta terkait teori pemasaran hingga membuat iklan produk pemasaran. ACA Award sendiri diselenggarakan di aula gedung C lantai III Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Annual Creative Advertising Awards (ACA Awards) bertajuk "Recognizing the best educattional marketing with creative award categories". ACA Awards merupakan ajang tahunan yang digelar oleh program studi S1 Manajemen Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dalam bentuk penilaian praktik manajemen pemasaran. Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan mahasiswa pada beberapa hari yang lalu, dimana para peserta menyaksikan dan mengapresiasi karya video iklan masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua panitia ACA Awards, Imam Nuryanto SE.,MM mengatakan bahwa kegiatan ACA Awards mengajarkan Mahasiswa agar menguasai teori pemasaran namun  juga menerapkannya dalam media promosi berupa iklan, yang dapat diupload di youtube, instagram dan media sosial lainnya. Selain itu, mahasiswa yang menempuh mata kuliah Manajemen Pemasaran ini juga diharuskan membuat video iklan dengan durasi 1 menit, dengan model video anggota tim. Setiap tim terdiri dari 5 orang dengan jumlah keseluruhan 69 tim.

“Mahasiswa harus membuat brand name, mendesain kemasan, menciptakan produk dan membuat iklan. Kegiatan tersebut juga berkaitan dengan perkembanagan e-commerce dan revolusi industri 4.0. ” jelas Imam Nuryanto SE.,MM selaku ketua panitia ACA Awards.

Tambahnya, jika kedepannya akan direncanakan bekerja sama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi). Selain itu, ia juga berharap ACA Awards selanjutnya bisa mencakup lingkup lebih luas menjadi antar universitas dengan multi disiplin ilmu.

“Rencana kami ingin bergabung dengan HIPMI karena didalam HIPMI terdapat Kompartemen khusus pengembangan UMKM yang bisa dikembangkan dengan promosi media iklan produk. Hal itu akan membantu mahasiswa untuk kedepannya,” tambahnya.

Sementara itu,Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Udinus,  Prof. Vincent Didiek Wiet Aryanto, MBA, Ph.D, mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan ACA Award berguna  untuk menunjang dan mengembangkan kreativitas mahasiswa.

“Saya apresiasi kegiatan ini, mahasiswa yang menjadi peserta dapat mendapatkan ilmu yang banyak terkait teori pemasaran. Mereka juga dapat berkreasi membuat brand dan sebagainya. Kreativitas mereka akan terus berkembang dengan kegiatan ini,” tuturnya.

Sebelumnya ACA Awards telah beberapa kali digelar, pada awal tahun 2019, ACA Awards telah memasuki usia ke 5. Terdapat beberapa perbedaan antara ACA Awards ke-5 ini dengan ACA Awards sebelumnya, yaitu terdapat ikut serta mahasiswa student mobility dari Malaysia. Beberapa kategori yang diperebutkan dalam ajang tersebut yakni, The best label, The best package, The best effect, The best message dan The advertising yang masing-masing juaranya akan mendapat sejumlah hadiah dan sertifikat penghargaan.

Kahumas Udinus, Agus Triyono, S.Sos, Msi berharap agar kegiatan tersebut terus digelar tiap tahunnya “Ini kegiatan yang sangat bagus dan berperan penting dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa,” tutupnya.(*Humas Udinus/lex/AT/ Foto : dok)

 

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)