Puluhan lomba yang digelar Dinusfest 2019, ada beberapa lomba yang digelar dengan agenda yang sama setiap tahunnya. Satu diantaranya adalah First Aid Competition yang diselenggarakan oleh Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR PMI ) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kemarin (23/1/2019).

 

Lomba yang bertemakan “Bersatu Padu Dalam Prestasi Kepalang Merahan” ini diikuti sebanyak 81 peserta, terdiri dari 27 tim. Peserta kompetisi terdiri dari 19 SMA/SMK didaerah Jawa Tengah.

First Aid Competition dihelat untuk memeriahkan Dinusfest yang dilaksanakan pada 22-24 Januari 2019, “Kami menggelar lomba pertolongan pertama karena peserta dituntut untuk lebih banyak pengetahuan yang harus ditunjukan,” ujar Henny Purwanto Ketua KSR PMI Udinus.

 

Sistem lomba ini akan memberikan contoh kasus kecelakaan yang disampaikan oleh dewan juri, kemudian peserta akan menerapkan apa yang harus ditangani selama 15 menit. “Mereka akan dinilai mengenai poin kecepatan, ketepatan dan teknik yang digunakan dalam menolong korban kecelakaan,” tambah Henny.

 

Para peserta lomba nampak tegang dari raut wajah mereka, seperti yang diungkapkan salah satu peserta. “Awalnya gugup, karena masih pertama kali ikut lomba pertolongan pertama ini. Namun kami tetap optimis,” ujar Ramandhika Panca Handoyo dari SMK Penerbangan Semarang.

 

First Aid Competition 2019 ini bertempat di Gedung D lantai 4 Udinus. Kompetisi ini menghadirkan dewan juri dari aggota PMI Jawa Tengah dan Semarang. “Hadiah lomba ini sellian memberikan sertifikat dan uang pembinaan, juga diberikan voucher beasiswa daftar ke Udinus untuk para pemenang,” tutur Agus Triyono, MSi selaku Kahumas Udinus.  (*Humas Udinus/rama WDN/AT/ Foto : Warta Dinus)