LOMBA SIARAN RADIO UDINUS WADAHI MINAT SISWA SMA


LOMBA SIARAN RADIO UDINUS WADAHI MINAT SISWA SMA

Demi menyalurkan minat siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk menjadi penyiar radio, Radio Swara Dian dari Fakultas Teknik (FT) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mengadakan lomba Siaran Radio yang diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai SMA se-Jawa Tengah. omba tersebut diikuti sekitar 42 tim dimana 1 tim diwakili oleh 2 orang dalam melakukan siaran di depan juri dan para peserta yang hadir. Setiap tim diberikan waktu untuk siaran selama 5 menit. Tak hanya pelajar SMA saja, tingkat mahasiswa juga mengikuti kegiatan tersebut.

Ketua panitia lomba siaran radio, Niken Sari mengatakan tujuan diadakan kegiatan tersebut sebagai tempat menyalurkan minat dari para peserta mulai dari pelajar SMA dan mahasiswa agar mereka dapat tersalurkan dan berkembang bakatnya. Jelasnya, kegiatan tersebut termasuk dalam rangkaian acara Dinusfest dan acara Engineering Festival yang diadakan pada 30-31 Januari 2019. “Kami ingin mengasah bakat-bakat para siswa-siswi SMA dan para mahasiswa dalam bersiaran radio bisa tersalurkan. Mereka juga bisa mengetahui kemampuannya saat menyiarkan radio,” jelasnya. Niken mengungkapkan, dalam proses penilaian terdapat beberapa aspek yang dinilai yakni vokal dan improvisasi. Selain kedua penilaian tersebut, terdapat satu aspek yang terpenting yakni aspek konten. Dimana peserta saat menyiarkan harus sesuai dengan tema yang ditentukan. “Peserta saat melakukan siaran harus sesuai dengan tema yang kami, jika kalau tidak sesuai atau ternyata melenceng dari tema tentunya akan mengurangi nilai,” tutur Niken.

Lomba yang memiliki tema ‘Owns Your Youth, Gains The Future’, diadakan di ruang serbaguna gedung D-1 Udinus selama 2 hari (30-31/1/2019). Selain itu, dewan juri yang memberikan penilaian merupakan juri yang telah berkompeten dibidangnya dan merupakan penyiar di tiga radio ternama di Semarang yakni Banni Datu dari radio Trax FM, Nicky Azalea dari radio Prambors FM dan Adhitya Dharmawan.

Kahumas Udinus, Agus triyono, S.Sos, Msi berharap agar melalui lomba tersebut dapat lahir penyiar-penyiar muda yang berbakat dan menjadi penyiar hebat untuk kedepannya. “Ini lomba yang bagus dan berharap dapat menjadi agenda rutin agar bisa menjadi ajang menghasilkan penyiar-penyiar berbakat,” tutupnya. (*Humas Udinus/lex/AT/ Foto : Alex Devanda)


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)