DINUS ROBOTIC COMPETITION PIKAT RATUSAN SISWA SMA SE-PULAU JAWA


DINUS ROBOTIC COMPETITION PIKAT RATUSAN SISWA SMA SE-PULAU JAWA

Sadar bahwa revolusi industri ke 4.0 dimana semua lini kehidupan manusia akan dikuasai oleh teknologi, Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro dan Dinus Robotic Club di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menggelar lomba robot yang diikuti oleh kalangan siswa SMA sederajat dan kalangan mahasiswa. Lomba tersebut digelar di aula gedung E lantai 3 Udinus.

 

Lomba yang diperuntukkan bagi kalangan SMA sederajat dan kalangan mahasiswa dibagi dalam 2 kategori lomba yang berbeda. Kalangan Siswa SMA dipertandingkan lomba robot soccer, dimana setiap tim diwakili oleh 2 orang. Tiap tim diwajibkan untuk memasukkan bola menggunakan robot ke gawang lawan, tim yang berhasil mengumpulkan banyak gol atau poin akan keluar sebagai pemenang.

 

Sedangkan untuk kalangan mahasiswa mempertandingkan robot com-line follower, robot dari tiap tim akan bergerak mengikuti garis yang telah disediakan. Tim yang berhasil menuju garis akhir tercepat dinyatakan pemenang. Dinus Robotic Competition sendiri merupakan kegiatan kerjasama antara Himpunan Teknik Elektro Udinus dan Dinus Robotic Club.

 

Ketua Pelaksana Dinus Robotic Competition, Fahriska Hilmi mengatakan tujuan diadakan kegiatan tersebut sebagai sarana untuk mengembangkan kreativitas generasi muda Indonesia agar minat dan bakatnya dapat tersalurkan dengan baik. “Lomba ini bisa mengasah kreatifitas para siswa dan juga sekarang era industry 4.0 perlu sekali siswa terus mengasah kemampuannya terhadap teknologi satu diantaranya yakni robotik. Karena nantinya teknologi akan berperan cukup banyak dalam kehidupan manusia,” ujarnya saat memberikan keterangan terkait lomba robot.

 

Ia pun berharap kegiatan lomba tersebut bisa diadakan dengan tingkat yang lebih tinggi  yakni tingkat internasional dan cangkupannya bisa luas. “Cangkupan sekarang masih tingkat nasional, namun pesertanya masih dari sekitar pulau Jawa saja. Kami berharap nantinya pesertanya bisa menggaet dari luar pulau Jawad an digelar di tingkat internasional,,” harapnya.

 

Kegiatan tersebut diikuti oleh 134 peserta  yang terbagi 78 peserta di lomba robot soccer dan sisanya yakni 56 peserta pada robot com-line follower. Kegiatan yang bernama Dinus Robotic Competition yang masuk dalam rangkaian Dinusfest 2019 dan Engineering Festival ini, memiliki perbedaan dibandingkan beberapa perbedaan dari tahun sebelumnya, satu diantaranya yakni penambahan lomba robot soccer.

Sementara itu, Kahumas Udinus, Agus Triyono, S.Sos, Msi merasa bangga dengan diadakannya kegiatan robotik tersebut. Lomba tersebut dapat menarik banyak animo dari berbagai sekolah untuk mengikuti Dinus Robotic Competition. “Ini kegiatan bagus dan bisa digelar lagi tahun depan. Semoga lebih besar dan lebih meriah,” tutupnya. (*Humas Udinus/lex/AT/ Foto : Alex Devanda)

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)