Program Studi Animasi D-4 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) siap membantu Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang dalam menanggulangi bencana yang ada di Jawa Tengah. Penanggulangan bencana nantinya akan berbentuk animasi yang memudahkan masyarakat dalam pencegahan dan kesiapsiagaan bencana.

 

Pembuatan animasi penanggulangan bencana merupakan implementasi dari kerjasama antar Udinus dengan pemerintah Kota Semarang. Selain itu, Progdi yang bernaung di bawah Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus tersebut, juga dinobatkan sebagai duta mitigasi oleh BPBD Kota Semarang. Penobatan sebagai duta mitigasi dilakukan di markas BPBD kota Semarang yang berada di Kompleks Terminal Penggaron, Jalan Majapahit KM. 11, Plamongan Sari, Pedurungan Kota Semarang, Jawa Tengah.

Dr. Khafiidzh M.Kom, Ketua Program Studi Animasi Udinus  mengatakan bahwa animasi yang dibuat oleh progdi Animasi D-4 Udinus nantinya berisi mengenai informasi kebencanaan dari mulai mitigasi (pencegahan) hingga cara menanggulangi saat terjadi bencana. Menurutnya melalui media animasi, masyarakat akan lebih mendapatkan langkah-langkah yang konkrit dalam menyiapkan diri, sebelum terjadi bencana, maupun saat dan sesudah bencana terjadi.

“Animasi sekarang menjadi media yang ampuh dalam penyebaran informasi yang berguna bagi masyarakat luas. Dengan terpilihnya Progdi Animasi D-4 Udinus sebagai duta mitigasi Kota Semarang akan mengurangi dampak dari bencana. Hal ini dapat disampaikan melalui informasi animasi yang menarik dan mudah dipahami penonton,” ujarnya saat memberikan keterangan terkait program studi D-4 Udinus menjadi Duta Mitigasi.

 

Sementara itu, Kepala Kepala Pelaksana penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, R. Agus Harmunanto, SE merasa terbantu dengan adanya kerjasama antar Udinus dengan Pemerintah Kota Semarang dalam pencegahan dan kesiapsiagaan bencana. Ungkapnya, kerjasama ini nantinya akan memudahkan pemerintah dalam menginformasikan kebencanaan di kota Semarang yang juga dilewati oleh patahan bumi yang sewaktu-waktu akan aktif. “Fenomena tanah bergerak yang ada di daerah Gunung Pati juga menjadi bencana yang patut kami waspadai. Melalui animasi yang dibuat oleh Progdi Animasi D-4 Udinus  ini berharap masyarakat bisa lebih sadar dan mengerti bagaimana menyiapkan diri sebelum bencana terjadi,” tegasnya.

 

Pertemuan antara BPBD Kota Semarang dengan Progdi D-4 Animasi Udinus dihadiri oleh jajaran dari kedua belah pihak. Dalam pertemuan tersebut dibahas juga konten kreatif yang dibutuhkan oleh BPBD Kota Semarang dalam penyampian mitigasi bencana kepada masyarakat.

Kahumas Udinus, Agus Triyono, S.Sos ,MSi berharap agar melalui kerjasama antar dunia pendidikan dengan dunia pemerintahan mampu menjadi alat yang baik dalam penyampaian informasi mitigasi kepada masyarakat luas. “Semoga ini menjadi kerjasama yang baik dan juga mampu menyampaikan informasi yang berguna kepada masyarakat,” tutupnya. (*Humas Udinus/lex/AT/ Foto : Alex Devanda)