MAHASISWA ILKOM UDINUS PEDULI LINGKUNGAN, KPID JATENG BERIKAN PENGHARGAAN ILM TELEVISI TERBAIK


MAHASISWA ILKOM UDINUS PEDULI LINGKUNGAN, KPID JATENG BERIKAN PENGHARGAAN ILM TELEVISI TERBAIK

Enam mahasiswa Pogram Studi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), mendapatkan penghargaan dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah sebagai Iklan Layanan Masyarakat Televisi Terbaik tahun 2019. Penghargaan tersebut mereka dapatkan setelah mengajak masyarakat untuk mengurangi sampah plastik di Kota Semarang.

 

Ajakan untuk mengurangi penggunaan sampah plastik mulai dari botol hingga tas kresek, mereka sampaikan melalui video berdurasi sekitar satu menit dan telah dipublikasi di stasiun televisi lokal di Jawa tengah, Televisi Kampus Udinus (TVKU). Keenam mahasiswa asal progdi Ilkom yang mampu meraih satu piala anugrah penyiaran KPID 2019 yakni Dinda Maulida, Novi Sulistyaningrum, Dhea Ultra Azieza, Cakra Bagus, Ahmada Shauqi dan M. Sahal Adinarta. Keenam mahasiswa tersebut masuk dalam satu tim pembuatan video ILM.

Satu diantara penggagas iklan Layanan masyakarat dalam mengurangi sampah plastik, Dinda Maulida menjelaskan bahwa iklan ILM yang berdurasi satu menit tersebut sebagai langkah untuk mengajak generasi muda Indonesia mengurangi penggunaan sampah plastik. Menurutnya sampah plastik telah mencemari lingkungan dan merusak ekosistem di alam.

“Ini menjadi langkah konkrit kami untuk mengurangi penggunaan sampah plastik di lingkungan masyarakat. Walaupun hanya berdurasi singkat namun kami ingin mengajak seluruh generasi muda untuk cinta terhadap lingkungan. Siapa lagi kalau bukan kita,” ujarnya saat memberikan keterangan terkait berhasilnya meraih pengharagaan dari KPID Jateng bersama 5 rekan lainnya.

 

Ungkapnya, video ILM yang ia buat  bersama 5 rekan lainnya, merupakan tugas dari kuliah semata. Namun berkat dukungan dari dosen mata kuliah, mereka mencoba peruntungan dengan memasukkan video tersebut untuk mengikuti kompetisi di KPID Jateng. “Awalnya video ini hanya tugas kuliah saja, namun berkat dukungan dosen akhirnya kami memasukkan video ini dalam kompetisi itu. Akhirnya kami berhasil menang ini menjadi suatu kebanggaan untuk kami berenam,” ungkapnya.

 

Penghargaan anugerah penyiaran KPID 2019 diberikan oleh KPID Jateng  pada 22 Juni lalu dan  bertempat di Lorin Solo Hotel. Video berdurasi pendek tersebut menceritakan seorang pemuda yang sedang berolahraga, kemudian membuang sampah botol plastik di sembarang tempat dan tak pedulikan orang disekitarnya. Namun beberapa menit kemudian, datang pemuda lain yang peduli dengan mengambil sampah tersebut dan mengajak orang disekitarnya untuk membersihkan sampah-sampah plastic yang berserakan. Kahumas Udinus, Agus Triyono, S.Sos , MSi berharap agar banyak mahasiswa Udinus yang terus berprestasi.

“Ini menjadi sebuah kebanggaan dan berharap ditiru oleh mahasiswa lainnya,” tutupnya. (*Humas Udinus/lex/AT/ Foto : Alex Devanda)

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)