MEMACU JUMLAH PENELITIAN DOSEN, FAKULTAS KESEHATAN UDINUS GELAR PELATIHAN


MEMACU JUMLAH PENELITIAN DOSEN, FAKULTAS KESEHATAN UDINUS GELAR PELATIHAN

Ingin terus menambah ilmu dan kualitas para dosen dalam melakukan riset, Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), belum lama ini menggelar Workshop Peningkatan Kompetensi Penelitian Dosen bersama Dr.rer.nat Abdulhadi Suwandi dari Hannover Medical School.

 

Workshop yang digelar di ruang Serbaguna gedung D lantai 1 Udinus ini dihadiri oleh puluhan dosen Fakultas Kesehatan. “Kami ingin dosen-dosen di Fakultas Kesehatan Udinus akan terpacu untuk meneliti dan memiliki riset yang fokus pada spesialisasinya. Untuk itu kami datangkan narasumber yang sesuai dengan bidangnya,” tutur Dekan Fakultas Kesehatan Udinus Dr Guruh Fajar Shidik, M.Cs.

 

Dr.rer.nat Abdulhadi Suwandi sendiri memiliki track record penelitian yang sejalan dengan tujuan kegiatan sejak tahun 2006. Sehingga targetnya adalah membuka wawasan tentang riset bioinformatics. Adapun bioinformatics merupakan suatu ilmu yang mempelajari penerapan teknik komputasional untuk mengelola dan menganalisis informasi biologis. Bidang ini mencakup penerapan metode-metode matematikastatistika, dan informatika untuk memecahkan masalah-masalah biologis, terutama dengan menggunakan sekuens DNA dan asam amino serta informasi yang berkaitan dengannya.

“Contoh topik bidang ini meliputi basis data untuk mengelola informasi biologis, penyejajaran sekuens (sequence alignment), prediksi struktur untuk meramalkan bentuk struktur protein maupun struktur sekunder RNA, analisis filogenetik, dan analisis ekspresi gen. Tema-tema tersebut yang bisa diangkat dari para dosen Fakultas Kesehatan Udinus,” jelas Abdulhadi.

 

Selain memaparkan materi teknis mengenai penelitian di bidang bioinformatiscs, Abdulhadi juga berbagi mengenai perjuangannya untuk mendapatkan beberapa beasiswa selama kuliah di Jerman. Hingga berbagi kisahnya  melakukan penelitian, dan sering lolos hingga dipublikasikan pada jurnal terindeks scopus.

“Dengan adanya pelatihan  ini, diharapkan semakin banyak dosen Fakultas Kesehatan Udinus yang penelitiannya bisa terpublikasi di jurnal terindeks scopus sehingga meningkatkan nilai institusi di bidang penelitian dosen,” jelas Kahumas Udinus Agus Triyono, MSi. (*Humas Udinus/ning/AT. Foto : dok F.Kes Udinus)

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)