Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menambah dosen dengan gelar doktor di bidang Komunikasi atas nama Dr. Rahmawati Zulfiningrum S.I.Kom, M.I.Kom yang lulus dengan predikat suma cumlaude.

 

Di Udinus, Rahmawati merupakan doktor ke-58, dan menyelesaikan studinya di Program studi Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (KMP) Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan waktu studi 3 tahun. Dalam masa studi tersebut, ia  mengambil judul disertasi ‘Komunikasi Partisipatif dalam Pengembangan Program Pertanian Beras Hitam.’

Dalam disertasinya, Rahmawati menyoroti masih rendahnya partisipasi petani dalam pengembangan program beras hitam.  Menurutnya hal itu dikarenakan pengembangan program dapat mengubah kebiasaan petani dari menanam beras hitam skala kecil hingga skala besar. Selain itu, terdapat ketidakpastian program terjadi pada pembagian peran , tanggungjawab dan langkah dalam mencapai keberhasilan. "Saya melihat berbagai masalah yang ada pada pertisipasi petani. Melalui disertasi ini dapat merumuskan strategi secara spesifik, supaya dapat meningkatkan partisipasi seluruh sensemaker (aktor yang terlibat dalam pengembangan program). Selain itu,  juga untuk mencapai keberlanjutan dalam pengembangan program pertanian beras hitam," papar Rahmawati.

 

Sementar itu, Rektor Udinus, Dr Ir Edi Noersasongko MKom mengaku bangga atas pencapaian dosennya yang telah membuahkan hasil yang memuaskan. Ia mengaku dalam waktu tidak lama lagi juga akan muncul doktor-doktor baru di Udinus. "Hadirnya doktor-doktor baru ini diharapkan akan semakin menguatkan kami dalam mencetak generasi yang berkualitas," jelas Prof Edi. (*Humas Udinus/alex. Foto: Dok)