Program Studi Manajemen Perhotelan (Manahot) dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang telah resmi mendapatkan akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), setelah diterbitkannya SK No. 3583/SK/BAN-PT/akred/ST/IX/2019 dan ditetapkan pada 24 September di Jakarta.

 

Bagi sebuah program studi (prodi) akan mendapatkan jaminan dari pemerintah bahwa prodi tersebut telah memenuhi standar mutu, jika telah ditetapkan akreditasinya oleh Tinggi (BAN-PT). Akreditasi B yang didapatkan prodi Manahot ini menunjukkan bahwa tata kelola prodi tersebut sudah baik.

Dekan FIB Udinus, Dr Raden Arief Nugroho, SS, M.Hum menjelaskan bahwa  kehadiran tim BAN-PT pada Rabu-Jumat (11-12/9/2019), merupakan tindak lanjut dari pengajuan borang Prodi Manajemen Perhotelan beberapa waktu sebelumnya. “Perolehan akreditasi B ini tentu sangat membanggakan bagi kami semua. Tentu ini berkat kerja keras semua tim, pihak-pihak yang terkait, dan dukungan seluruh sivitas akademika Udinus,” tutur Arief.

 

Dua asesor dari BAN-PT yang melakukan visitasi yakni Amelda Pramezwary, Dr. A.Par., MM. ST.Par dan Yohanes Sulistyadi, Dr. Drs., S.Pd., M.Pd . Pada kesempatan tersebut mereka melakukan kunjungan ke laboratorium Perhotelan yang ada di gedung G  lantai 4 Udinus. Laboratoriumnya meliputi lab front office, lab housekeeping, dan lab food and beverage. Dilanjutkan dengan mendengarkan paparan dari progdi Manajemen Perhotelan Udinus. “Semua fasilitas yang telah dimiliki semoga dapat menunjang proses pembelajaran para dosen dan mahasiswa. Sehingga Manahot Udinus ini dapat menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang ingin mempercayakan pendidikan putra-putri mereka,” tambah Arief.

 

Prodi Manajemen perhotelan D-4 merupakan program studi baru yang masuk dalam FIB Udinus. Prodi tersebut  berkembang seiring dengan makin banyaknya antusiasme masyarakat terhadap dunia pariwisata dan maraknya perhotelan di Indonesia khususnya Jawa Tengah. “Didapatkannya akreditasi B untuk Manahot ini, semakin memantapkan kinerja kami para dosen untuk memberikan yang terbaik bagi mahasiswa. Terlebih didukung oleh fasilitas yang mendukung serta kerjasama dengan stakeholder yang semakin luas,” kata Dr. Sunardi,S.S. M.Pd  Ketua Program Studi Manajemen Perhotelan Udinus. (*Humas Udinus/alex. Foto: Dok FIB)