“Jadikan pembelajaran sebagai konselor sebaya ini sebagai wujud pengabdian kepada Tuhan dan sesama,” tutur Dr. Kusni Ingsih, MM Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan saat hadir membuka Pelatihan Local Peer Education Training yang dilaksanakan di ruang serbaguna gedung D, Sabtu  (05/10/2019) lalu.

 

Local Peer Education Training (LPET) merupakan program kerja (proker) yang  pertama yang dijalankan UKM Rumah Sahabat Udinus, untuk melatih anggotanya menjadi relawan konselor sebaya yang dapat diandalkan di lingkungan kampus.

 Ida Farida dari program studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Udinus yang juga sebagai ketua acara LPET ini menuturkan bahwa ada 30 peserta yang terpilih untuk mengikuti pelatihan ini. Ida menjelaskan bahwa ada setidaknya 5 divisi yang dibekali materi dari beberapa narasumber yang ahli dibidangnya. Salah satunya UKM Rumah Sahabat menggandeng narasumber dari BNNP Jawa tengah untuk membekali timnya menjadi konselor sebaya yang dapat diandalkan. “Menjadi konselor sebaya itu harus sukarela tanpa memperhatikan materi,” ujar Ida Farida.

 

Chandra Eka Sariningsih, S.Sos. selaku Penyuluh Narkoba dari Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat dari BNNP Jawa Tengah hadir untuk membekali mahasiswa Udinus. “Semua anggota UKM Rumah Sahabat diharapkan dapat melakukan pencegahan sebagai relawan anti narkoba. Hal ini dapat dilakukan dengan mengutamakan edukasi, kolaborasi, dan desiminasi informasi yang dimulai dari hal kecil seperti memberikan informasi tentang pencegahan narkoba melalui status whatsapp,” tegas Chandra. (*Humas Udinus/fenny. Foto : Fenny Angesti)