HADAPI ERA INDUSTRI 4.0, APTIKOM JAWAB TANTANGAN DENGAN PERTAJAM KURIKULUM


HADAPI ERA INDUSTRI 4.0, APTIKOM JAWAB TANTANGAN DENGAN PERTAJAM KURIKULUM

 

Hadapi industri 4.0 Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) berikan respon dengan mengajak perguruan tinggi untuk mempertajam kurikulum. Hasil itu disampaikan saat Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Aptikom pada Jumat (25/10).

 

Pada kegiatan tersebut, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menjadi tuan rumah Rakornas yang dihadiri kurang lebih 300 perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan tersebut merupakan hasil kerja sama dengan Aptikom Pusat yang berlangsung selama 24-27 Oktober 2019 dan berlokasi di Patra Convention Hotel, Semarang.

 

Laporan kegiatan dalam setiap Rakornas menjadi agenda terpenting dan juga sebagai penutup dari acara tersebut.  Solikin, S.Si, MT, yang merupakan Direktur Eksekutif Dewan Pengurus Pusat (DPP) Aptikom menjadi moderator dalam penyampaian hasil laporan tersebut.

Sementara itu, Wakil Direktur Eksekutif DPP Aptikom, Dr. Prihandoko, MIT, menjelaskan kegiatan tersebut diperuntukan untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi komputasi. Hasil dari laporan kegiatan disimpulkan bahwa perguruan tinggi harus lebih meningkatkan mutu perguruan tinggi. “Kegiatan peningkatan dosen masih lebih banyak daripada peningkatan mutu mahasiswa, sedangkan pengabdian masyarakat masih banyak dibandingkan dengan seminar dan juga peningkatan mutu perguruan tinggi,” jelas Prihandoko.

 

Ketua DPP Aptikom, Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, MSc., PhD, mempertajam kurikulum satu di antara cara untuk menghadapi tantangan industri 4.0. Selain itu, ia menambahkan bahwa memperhatikan keunggulan lokal mengenai pendidikan juga ia anggap penting, “Untuk menyikapi perubahan di era digital 4.0 kami memberikan respons dengan berbagai kegiatan antara lain mempertajam kurikulum. Terutama dengan memperhatikan keunggulan lokal mengenai pendidikan. Kami juga harus menunjukkan hasil karya yang berkualitas Internasional dengan menampilkan karya di Internasional Conference on Informatics and Computing (ICIC).”

 

Secara terpisah ditemui setelah acara, Rektor Udinus Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko M.Kom, menyatakan rasa terima kasihnya sudah dipercayakan menjadi tuan rumah Rakornas Aptikom 2019. “Terima kasih atas apresiasinya pada kegiatan Rakornas ini. Semua sudah dipersiapkan secara matang di jauh hari. Semua peserta sangat antusias mengikuti seluruh kegiatan hingga penutupan yang dihibur oleh artis ibukota, Yuni Shara,” tuturnya.

 

Tidak hanya memaparkan laporan kegiatan saja, dalam acara Rakornas juga memberikan klinik dan juga workshop yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi komputasi. Rencananya Rakornas Aptikom 2020 mendatang akan dilaksanakan di Gorontalo. Di ujung acara penampilan Yuni Shara mampu mencuri perhatian penonton dengan menyanyi dan berdansa bersama. (*Humas Udinus/Haris. Foto : Fenny Angesti)

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)