Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kembali terima kunjungan dari sekolah. Ketua Program Studi (Kaprodi) Animasi, Dr. Khafiizh Hastuti, M.Kom menyambut kunjungan dari SMK Sultan Fatah Salatiga pada Senin (11/11/2019).

 

Kunjungan yang berlangsung di Aula Gedung H lantai 7 ini diikuti oleh 36 siswa dari jurusan Tata Busana dan Multimedia serta empat guru pendamping yang kemudian disuguhi video animasi karya mahasiswa. Dr Khafiizh Hastuti M.Kom mengatakan seluruh dosen yang mengampu mata kuliah di jurusan Animasi Udinus ini membebaskan mahasiswa untuk berkarya. “Video yang diputar tadi merupakan karya mahasiswa kami, sebagai tugas dan ada juga beberapa karya yang berhasil menjuarai pada kompetisi short video. Semua adalah hasil kreativitas mereka, kami memberikan satu tema dan membebaskan mereka mengembangkan tema tersebut,” ujarnya.

 

Selain pemutaran video animasi karya mahasiswa, siswa kunjungan juga diberikan gambaran mengenai mata kuliah yang akan diambil di prodi Animasi. “Banyak yang menanyakan, apakah mahasiswa harus pandai menggambar. Sebenarnya harus bisa, untuk pandai atau tidak itu bisa dikembangkan lagi. Tetapi ada juga mahasiswa yang sama sekali tidak bisa menggambar, sehingga kami juga ada mata kuliah dasar seperti menggambar satu dan dua. Sehingga membantu mahasiswa untuk mengembangkan bakat menggambar mereka,” imbuh Khafiizh.

 

Sementara itu, Nanin Binafsihi guru pendamping SMK Sultan Fatah mengungkapkan bahwa Udinus menjadi kampus rujukan yang tepat bagi mahasiswanya untuk mengetahui lebih lanjut tentang animasi. “Udinus menjadi salah satu kampus yang memiliki Prodi Animasi terakreditasi B, sehingga kami ingin siswa kami belajar tentang animasi 2D dan 3D sama seperti yang diajarkan di Udinus,” ungkap Nanin. (*Humas Udinus/Nuvia. Foto : Nuvia KHN)