“Sebuah usaha dimulai dengan modal yang sangat sederhana, yaitu keberanian. Keberanian menjadi kunci utama untuk memulai suatu usaha.  Itulah mengapa banyak orang sukses, karena keberanian mereka tinggi. Berani untuk memulai hal baru dan tidak takut untuk gagal,” jelas Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama sekaligus co-founder Kedai Foto Kopi, Dr. Pulung Nurtantio Andono S.T, M.Kom saat menjadi pembicara dalam acara Workshop Coffee belum lama ini.

 

Workshop yang bertemakan “Let’s Start Your Bussiness with Coffee” ini diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang berlangsungkan di Gedung D lantai 1 kampus Udinus.

Selain memberikan pengertian berani memulai usaha, Pulung juga memberikan gambaran bagi peserta yang hadir bagaimana menjaga sebuah usaha tetap berjalan. “Mulai dari keberanian, bisa naik tingkat untuk mengembangkan usaha dengan cara kemitraan. Cabang-cabang kedai Foto Kopi ini adalah hasil dari kemitraan, sistemnya adalah bagi hasil jadi tidak perlu lagi mengeluarkan banyak modal,” jelasnya.

Acara yang dihadiri lebih dari 60 peserta ini juga mengundang narasumber yang telah berkecimpung dalam dunia bisnis terutama kopi, yaitu Pemilik Kedai Foto Kopi, Bagas Chandra yang menjelaskan beberapa menu kopi serta cara membuatnya.

 

Sementara itu, Ketua Pelaksana workshop coffee Yusuf Maulan berharap dengan apa yang telah dipaparkan oleh pembicara mampu menambah semangat peserta untuk memulai usahanya. “Saya berharap setelah mengikuti acara workshop ini, dengan pembicara yang berkompeten, mampu meningkatkan semangat peserta khususnya teman-teman mahasiswa manajemen untuk berani memulai sebuah usaha,” tutur Yusuf. (*Humas Udinus/Nuvia. Foto : Nuvia KHN)