ANTISIPASI BANJIR, FT UDINUS BERIKAN SOSIALISASI PEMBUATAN BIOPORI


ANTISIPASI BANJIR, FT UDINUS BERIKAN SOSIALISASI PEMBUATAN BIOPORI

Antisipasi banjir di Kota Semarang, Fakultas Teknik (FT) Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Udinus) memberikan sosialisasi tentang pembuatan biopori di Kelurahan Palebon, Kota Semarang. Kegiatan tersebut sebagai upaya untuk mengurangi genangan-genangan air yang menyebabkan banjir di musim penghujan.

 

Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dilakukan oleh lima dosen dan tujuh mahasiswa yang diketuai oleh Dekan FT Udinus, Dr. Ir. Dian Retno Sawitri, MT. Selain di RT 4 RW 5 Kelurahan Palebon, sosialisasi pembautan biopori juga dilakukan di RT 5 RW 2 Kelurahan Pendrikan Kidul, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Tim dari FT Udinus memberikan cara-cara dalam pembuatan biopori kepada masyarakat di kedua tempat tersebut,  sekaligus pemberian peralatan yang diguanakan untuk pembuatan biopori.

 

Dalam sesi wawancara,  Dekan Fakultas Teknik sekaligus ketua pengabdian masyarakat tersebut, mengatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat pembuatan biopori, merupakan salah satu upaya sumbangsih Udinus dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. “Masyarakat di lingkungan tersebut sejak beberapa bulan terakhir ini telah melakukan pilah sampah, dan sampah-sampah plastik kresek yang terkumpul diberikan ke Udinus untuk diolah menjadi aspal plastik. Sebagai gantinya Udinus memberikan bantuan berupa peralatan dan pelatihan dalam pembuatan biopori,” jelasnya.

 

Ia pun berharap agar melalui kegiatan pengabdian masyarakat pembuatan biopori, masyarakat lebih cinta terhadap alam dan tak membuang sampah sembarangan. “Kami berharap masyarakat lebih peduli dengan lingkungannya dengan berperilaku cinta lingkungan, seperti melakukan pilah sampah dari rumah, mengurangi pemakaian plastik. Karena sampah plastik telah mencemari seluruh lingkungan di dunia, di tanah, bahkan telah merusak ekosistem laut,” harapnya.

 

Puluhan peserta yang merupakan warga dari masing-masing kelurahan terlihat antusias saat mendengarkan paparan dan langkah-langkah dari tim pengabdian masyarakat dari FT Udinus. Setiap warga juga melakukan uji coba alat yang telah diberikan. (*Humas Udinus/Alex. Foto: Dok. FT Udinus)

 

 

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)