Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Udinus) berikan materi tentang bahasa dan teknologi masa kini melalui Struktural (Seminar Tentang Penerjemahan, Linguistik Terapan, Susatra, dan Ilmu Budaya) Internasional 2019 yang diadakan pada Sabtu (30/11/2019) lalu.

 

“Kita semua tahu bahwa teknologi mampu membawa dampak positif dan juga negatif, oleh sebab itu Udinus selalu memanfaatkan teknologi untuk hal-hal positif. Melalui seminar ini kami ingin menunjukkan bahwa teknologi bisa membawa dampak positif khususnya pada bidang pendidikan,” ungkap Rektor Udinus Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom pada sambutannya.

 

Acara yang digelar di Hotel Grasia Semarang ini mengundang narasumber yang ahli dalam bidang bahasa dan teknologi, yaitu Prof. Dr. Supriadi Rustad,M.Si dari Udinus, Dr. Sudarmanto Budi Nugroho dari IGES-Tokyo, Dr. Jozina Van Der Klok dari Oslo University, dan Prof. Siti Salina Mustaqim dari University Putra Malaysia.

Prof. Dr. Supriadi Rustad, M .Si menyampaikan penggunaan bahasa dalam perkembangan teknologi menjadi faktor penting. “Bahasa merupakan salah satu ciri khas yang dikuasai manusia, itulah yang membedakan kita dengan makhluk hidup lainnya. Manusia mampu berbahasa sehingga dapat menjalin kerjasama dengan dunia, melalui bahasa ini juga teknologi dapat tercipta bahkan berkembang,” ujar Supriadi.

Ia juga menyampaikan dunia telah mengalami perubahan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang ada. “Dunia telah berubah, saat ini semua serba digital. Adanya internet dan smartphone juga mempengaruhi perubahan perilaku manusia, namun tidak merubah bahasa. Akan tetapi mempermudahkan kita menyampaikan bahasa yang dikemas menjadi sebuah informasi melalui peralatan digital,” terang Supriadi. (*Humas Udinus/Nuvia. Foto : Alex Devanda)