MAHASISWA AKUNTANSI UDINUS UJI KEMAMPUAN MEREKA DALAM DAC


 MAHASISWA AKUNTANSI UDINUS UJI KEMAMPUAN MEREKA DALAM DAC

Mahasiswa akuntansi dituntut tidak hanya pandai dalam pembuatan jurnal secara manual, karena digitalisasi telah merambah di berbagai bidang. Pengetahuan itulah yang sedang diuji dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dengan mengadakan lomba Digital Accounting Competition (DAC) pada Sabtu (14/12).

 

Lomba yang berlokasi di gedung D Lantai 4 Udinus tersebut merupakan lomba pembuatan jurnal menggunakan program microsoft office. Kegiatan DAC ini diselenggarakan untuk kedua kalinya, setelah sukses dilaksanakan pada 2018 lalu. Peserta DAC berasal dari  mahasiswa aktif program studi (prodi) akuntansi. Namun, mahasiswa semester tiga yang sedang menempuh mata kuliah aplikasi komputer bisnis dan laboratorium akuntansi wajib mengikuti lomba tersebut. Total terdapat 53 tim yang terdiri dari tiga orang tiap timnya. Mahasiswi bernama Gabriella Ika Riesta Noviani keluar sebagai juara pertama, bersama timnya yakni Sheila Brenda Stefani Setiawan dan Oei, Erika Kurnia S.

 

Tujuan dari lomba DAC agar mahasiswa yang mengikuti mata kuliah laboratorium akuntansi lebih mendalami penerapan yang sudah dipelajari. Supaya mahasiswa juga dapat mengukur kemampuan mereka untuk praktik mengaplikasikan siklus akuntansi. “Kalau dikelas mahasiswa hanya diajarkan pembuatan jurnal dan siklusnya dilakukan secara manual saja. Di sini pengetahuan mereka tentang penggunaan komputer diuji. Karena dalam perlombaan harus membuat jurnal menggunakan aplikasi excel yang ada di komputer,” ungkap Karina Puspitasari selaku ketua pelaksana DAC.

 

Sementara itu, saat dimintai keterangan terkait DAC,Ketua Program Studi Akuntansi, Anna Sumaryati SE, M.Si  berharap mahasiswa mampu memgaplikasikan siklus akuntansi ke dalam sistem yang sudah terkomputerisasi. “Karena  kegiatan DAC berhubungan dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Diharapkan juga lebih banyak kegiatan-kegiatan semacam ini untuk mengasah dan mengukur kemampuan mahasiswa, sehingga siap memasuki dunia kerja nantinya,” pungkas Anna. (*Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. FEB)

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)