BUNKASAI UDINUS AJANG MEMPERKENALKAN BUDAYA JEPANG KEPADA MASYARAKAT


BUNKASAI UDINUS AJANG MEMPERKENALKAN BUDAYA JEPANG KEPADA MASYARAKAT

Bunkasai, program kerja tahunan Hikari Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), mengusung tema ‘Kyoto no Hanafubuki’ yang berlangsung selama dua hari Sabtu dan Minggu, 15-16 Februari 2020.

 

Bunkasai yang merupakan festival budaya Jepang tersebut diadakan di halaman parkir gedung G Udinus. Dilaksanakan oleh Hikari Udinus yang merupakan Himpunan Mahasiswa (HM) Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus. Dengan menghadirkan tiga bintang tamu, yaitu DDM X Monolite dan DJ Hiramaki. Pada puncak Bunkasai Udinus, peserta langsung dihibur oleh JKT 48 ‘Team J’. Acara tersebut dibuka oleh Hikari Udinus dengan menampikan Omikoshi dan Soran Bushi.

 

Ketua Pelaksana Bunkasai, Yonathan Pradana, menjelaskan Bunkasai adalah satu cara untuk mengenalkan Sastra Jepang dan juga Udinus pada masyarakat umum. Bunkasai juga menjadi momen bagi mahasiswa untuk mengembangkan softskill mereka. “Jadi mahasiswa tidak hanya belajar bahasa Jepang dan budayanya secara teori saja, tapi bisa diimplementasikan langsung melalui Bunkasai ini,” tuturnya.

 

Ungkapnya, Bunkasai Udinus terdapat tujuh perlombaan yang terbuka untuk umum. Dari mulai menggambar manga, cosplay, sing cover, dance cover, photography dan juga seiyuu. “Dari perlombaan yang ada, sing cover dan juga dance cover yang menjadi minta dengan peserta yang cukup banyak. Tahun ini kami menargetkan 5000 pengunjung selama dua hari ini,” tambah Yonathan yang juga mahasiswa Sastra Jepang angkatan 2018. 

 

Dalam kegiatan tersebut juga terdapat 36 stand yang berisikan stand komersil, makanan khas jepang, merchandise khas jepang hingga komunitas. Ada juga sepuluh performa spesial yang ditampilkan di panggung utama, antara lain Noyushimi, Blackpearl, Giga of Spirit dan masih banyak lagi. Hanya dengan mengeluarkan biaya 25ribu pengunjung dapat menikmati kemeriahan Bunkasai Udinus selama dua hari.

 

Bunkasai dibuka oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus Kusni Ingsih dan Dekan Fakultas Ilmu Budaya Udinus,  Dr. Raden Arief Nugroho SS., M.Hum.  Dekan FIB turut mengucapkan terimakasih kepada para panitia yang berhasil secara rutin menyelenggarakan kegiatan Bunkasai. Menurutnya, Bunkasai Udinus merupakan salah satu festival jepang yang terkenal hingga skala nasional. “Semua ini tidak dapat terwujud tanpa adanya dukungan dari semua pihak yang sudah berkontribusi pada Bunkasai kali ini. Semoga setiap tahunnnya bisa menampilkan penampilan dan juga bintang tamu yang lebih keren lagi,” ungkap Raden Arief (*Humas Udinus/Haris. Foto : Haris Rizky)

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-102)